TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dananya Rp 800 Miliar

Jokowi Pastikan, Jalan Rusak Di Lampung Diambil Alih Pemerintah Pusat

Laporan: AY
Jumat, 05 Mei 2023 | 20:22 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. Foto : Setpres
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. Foto : Setpres

LAMPUNG - Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Lampung.

"Semangatnya, kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang kita lihat tadi. Baik jalan kabupaten, jalan provinsi, atau jalan kota yang rusak parah,” ujar Presiden Jokowi usai meninjau jalan rusak di Jalan Seputih Raman, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (5/5).

Jokowi menjelaskan, setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Pemerintah pusat untuk jalan nasional. Gubernur untuk jalan provinsi. Bupati/Wali Kota untuk jalan kabupaten/kota.

Meski begitu, Jokowi mengatakan, pemerintah pusat akan mengambil alih penanganan jalan rusak di Lampung.

"Karena memang sudah lama, ya akan diambil alih oleh pemerintah pusat,” cetus Jokowi.

Untuk memperbaiki infrastruktur jalan tersebut, Jokowi membeberkan, tahun ini, pemerintah pusat akan khusus menganggarkan dana Rp 800 miliar untuk Lampung.

Biaya tersebur mencakup perbaikan 15 ruas jalan, dan akan dimulai tahap pembangunannya pada Juni mendatang, setelah proses lelang dilakukan.

Begitu saya lihat tadi, saya sudah perintahkan Pak Menteri Pekerjaan Umum (PU) untuk lelang. Tapi, nanti juga ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya Bapak/Ibu Bupati. Jangan semuanya pemerintah pusat,” jelas Jokowi.

Presiden ke-7 Rl ini menuturkan, hal serupa yang membutuhkan bantuan pemerintah pusat, juga ada di beberapa provinsi lain.

Jokowi bilang, memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk menyiapkan infrastruktur jalan yang baik adalah bagian dari tugas pemerintah baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

“Memang tugasnya pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota itu memberikan pelayanan. Termasuk, menyiapkan jalan yang baik karena itu menyangkut mobilitas barang dan mobilitas orang. Juga biaya logistik, ongkos logistik. Kalau ongkos logistik karena jalannya rusak menjadi tinggi, produk di wilayah tersebut tidak bisa bersaing,” tegasnya.

Hari ini, Presiden Jokowi meninjau langsung sejumlah jalan rusak di Lampung dengan menggunakan kendaraan kepresidenan.

Ruas jalan pertama yang ditinjau Presiden adalah Jalan Terusan Ryacudu di Lampung Selatan. Selain itu, Presiden juga meninjau Jalan Seputih Raman, Jalan Seputih Banyak, hingga Jalan Simpang Randu.

Rute yang ditinjau Presiden pada Jumat (5/5), merupakan rute yang berbeda dari yang sudah diagendakan sebelumnya.

Bahkan, sejumlah wartawan terpaksa berpindah dari rute pertama menuju rute terbaru.

Dalam peninjauan jalan di Lampung, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. (RM.id)

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

06
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo