TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Belum Pernah Ketemuan Resmi Koalisi Anies

Paloh Ngilang-ngilang

Oleh: Farhan
Minggu, 21 Mei 2023 | 10:26 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh tak terlihat pada acara Puncak Milad ke-21 PKS di Istora Senayan, Jakarta, kemarin. Padahal, elit partai koalisi pendukung Anies Baswedan lain hadir. Sejak koalisi Anies terbentuk, Paloh ngilang-ngilang. Dia bahkan belum pernah hadir dalam pertemuan resmi koalisi.

Puncak Milad ke-21 PKS berlangsung meriah. Dengan mengusung ‘Menang Bersama Rakyat’, acara ini dihadiri ribuan kader PKS yang kompak mengenakan atribut dan pakaian berwarna oranye. Sebelum memasuki ruangan para kader PKS membubuhkan tanda tangan di spanduk berwarna putih bertuliskan ‘Relawan Perubahan Siap Menangkan PKS’.

Di dalam ruangan sudah hadir para elit PKS seperti Salim Segaf Aljufri, Sohibul Iman, Ahmad Syaikhu dan Aboe Bakar Alhabsyi.

Mereka kompak mengenakan jas berwarna putih berlogo PKS di dada dan duduk di kursi VVIP yang letaknya berada di bawah tribun peserta.

Tepat pukul 12.30 WIB kegiatan inti dimulai. Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran di panggung utama yang berbentuk segi empat. Setelah itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu memberikan sambutan di hadapan ribuan anak buahnya.

Hadir juga Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan. Selain itu, hadir juga Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. Hanya Paloh yang tidak kelihatan hingga acara selesai.

Ketidakhadiran Paloh sempat dikonfirmasi Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi. Aboe mengatakan, selain Paloh, Ketua Majlis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono juga dipastikan absen. “Pak SBY karena posisi beliau masih ada acara di kampung halamannya di Pacitan. Beliau tetap mewakili dengan AHY. Pak Surya Paloh pun juga demikian. Diwakili oleh Ahmad Ali,” kata Aboe sebelum acara dimulai.

Paloh memang tidak pernah terlihat ikut pada pertemuan partai koalisi pendukung Anies. Bahkan, saat Kelompok relawan Amanat Indonesia (ANIES) melakukan deklarasi dukungannya terhadap Anies di Stadion Tennis Indoor Senayan, Paloh juga absen. Padahal acara ini turut dihadiri AHY dan Syaikhu.

Kenapa Paloh jarang hadir di acara resmi koalisi Anies? Pelaksana Tugas Sekjen NasDem, Hermawi Taslim mengatakan, Paloh telah mengutus Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali untuk ikut aktif di kegiatan yang berhubungan dengan Anies. “Waketum Ahmad Ali sudah diberi surat keputusan (SK) sebagai koordinator Pilpres oleh SP (Surya Paloh). Jadi sesuai dengan tupoksi,” tandas Hermawi kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup), kemarin.

Lebih lanjut, Hermawi merinci kegiatan Paloh beberapa hari terakhir ini. Dirinya menjadi saksi kesibukan Paloh sehingga absen dalam beberapa kali acara koalisi Anies. “Pak SP memang sejak Kamis pagi sampai sore ini ada agenda kepartaian yang juga tidak bisa ditinggal, saya mendampingi beliau,” kelitnya.

Untuk itu, dia berharap, publik memahami kesibukan Paloh. Juga, mengerti dengan tupoksi yang telah diberikan Paloh kepada seluruh kadernya. “Jadi memang di-design begitu, urusan-urusan koalisi misalnya capres lebih fokus ke Pak Ali. Yang di Senayan juga kan Pak Ali yang wakili dalam kapasitas sebagai waketum,” tutur dia.

Apa kata pengamat soal Paloh yang selalu absen acara Anies? Pengamat politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan berpendapat, ketidakhadiran Paloh di Milad PKS tidak terlalu berdampak negatif terhadap kaolisi Anies. “Koalisi masih berproses, saling mengintip antar koalisi satu dan lainnya,” tukas Kacung kepada Rakyat Merdeka  (Tangsel Pos Grup) kemarin.

Kendati demikian, dia melihat koalisi pendukung Anies belum solid. Karena Anies belum ada jodohnya. “Kalau benar-benar solid ya udah ada capres dan cawapresnya. Jadi tetap berproses,” pungkas dia. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo