TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sinar Mas Land Kembali Gelar Pelatihan UMKM Batch Ke-3

Laporan: Sudin Antoro
Selasa, 23 Mei 2023 | 07:00 WIB
Ist.
Ist.

BSD -Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk secara konsisten menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan pendampingan usaha bagi pelaku UMKM binaan agar mampu berkembang dan bersaing dengan pasar global. Hal ini selaras dengan program ekonomi kerakyatan.
Dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melakukan pengembangan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi. Peran UMKM ini sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.
Program ini merupakan bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan di bidang ekonomi dan saat ini telah memasuki batch ketiga. Pembukaan pelatihan batch ketiga tersebut berlangsung secara daring pada Senin (8/5) lalu dan dilanjutkan pelatihan setiap hari Sabtu selama 7 bulan mulai dari Mei-November 2023.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang,  Hj. Nurul Hayati, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tangsel,  H. Warman Syanudin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Resmiyati Marningsih, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, H Heru Agus Santoso, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tangerang, Dra. Ratih Rahmawati, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Drg. Ellen Hutabarat,
Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dony Martadisata mengatakan, pelatihan UMKM ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Sehingga mereka mampu bergerak mandiri serta bertahan terutama dalam menghadapi dampak pandemi dan pasca pandemi Covid-19.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami harap para pelaku UMKM binaan CSR Sinar Mas Land dapat terus mengeluarkan terobosan yang kreatif dan inovatif sehingga mereka bisa menghadirkan produk-produk bernilai jual tinggi untuk memenuhi permintaan pasar serta dapat memanfaatkan berbagai platform untuk memasarkan produknya secara digital,” ujarnya.
Dari 390 pelaku UMKM yang mendaftar, terseleksi 200 pelaku UMKM yang menjadi partisipan pelatihan dalam batch ketiga tersebut. Dalam pelaksanaannya akan didampingi langsung oleh sejumlah pakar diantaranya Rujiyanto memberikan topik tentang branding, Dra. Endang Retno Wardhani PhD., CHt. Memberikan materi tentang Literasi Keuangan dan Kualitas Produk, serta Martinus Fieser Sitinjak, memberikan topik Model Manajemen UMKM dan Strategi Bisnis.

Pelatihan UMKM tersebut merupakan bagian dari rangkaian Program SML (Small Medium Large) UMKM Centre yang diinisiasi oleh CSR & Green Initiative Division Sinar Mas Land sejak Februari 2021. Program itu akan memberikan fasilitas yang komprehensif untuk pemenuhan kebutuhan pelatihan, pengembangan usaha, dan pemasaran produk UMKM.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo