TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Setelah Argentina, Erick Mau Undang Brasil Dan Portugal Lawan Timnas

Oleh: Farhan
Rabu, 24 Mei 2023 | 17:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir makin ngegas mengerek prestasi sepakbola timnas Indonesia. Selain mengundang tim Tango Argentina, Erick juga berencana mendatangkan raksasa-raksasa sepakbola dunia, termasuk timnas Brasil dan Portugal.

Erick punya mimpi besar. Dia ingin rangking timnas bisa menembus 100 besar FIFA sekaligus menembus putaran final kompetisi bergengsi dunia. 

Agar itu terwujud, Menteri BUMN ini menjelaskan langkah-langkah sistematis  tengah dia siapkan bersama tim di PSSI. Pertama, mengundang tim-tim besar dan terkuat di dunia. Salah satu yang terdekat adalah dengan Argentina.

Erick juga menyebutkan bahwa dirinya sudah melakukan pembicaraan tahap awal dengan negara- negara seperti Maroko, Brasil, Portugal, hingga Rusia. 

“Namun, kita hanya bisa mengundang 1 negara dengan tim terkuat 1 kali setiap tahun. Jadi harus ada pertandingan di mana kita dapat ranking. Dan ada juga pertandingan untuk menunjukkan bahwa sepakbola kita dipercaya dunia,” kata Erick dalam jumpa pers di Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, Rabu (24/5).

Langkah lain menurut Erick dengan memperbaiki ranking timnas dengan memperbanyak FIFA Match Day dengan tim-tim dunia agar bisa meraih poin memperbaiki peringkat dunia FIFA. Salah satu yang terdekat adalah dengan Palestina. 

Pada FIFA Matchday bulan Juni 2023 ini kita membuat gebrakan, kita lawan Palestina yang sekarang sudah ada di ranking 94 dunia. Rankingnya masih lebih baik dari Indonesia yang ada di posisi 149. Ini kita siapkan. Dengan Burundi juga sudah, kita menang, dan seri. Itu semua Langkah-langkah nyata yang kami dorong,” ujarnya.

Langkah Ketiga untuk mempersiapkan timnas Indonesia yang kuat, menurut Erick, adalah melanjutkan arahan Presiden Joko Widodo untuk membangun tim dengan memperkuat pemain-pemain muda.  

Tim muda yang saat ini ada pada usia 20, 22, dan 23 tahun, nanti pada saat Piala Dunia Tahun 2026 sudah berusai 22-25 tahun. Lalu pada 2031 sudah di usia 25-28 tahun. 

Salah satu langkah yang sudah dilakukan saat ini adalah dengan menyelesaikan proses naturalisasi pemain-pemain berbakat berdarah Indonesia. Terbaru adalah dengan rampungnya proses naturalisasi Rafael William Struick dan Ivar Jenner.

“Ada banyak event yang sangat berat di tingkat Internasional, ada Asian Games, ada babak penyisihan Piala Dunia tahun 2026 yang sudah dimulai tahun ini. Ini mimpi kita tidak menginjak tanah. Tapi boleh donk kita mimpi. Mimpi ini harus dijalankan secara serius. Dimulai dengan mempersiapkan babak penyisihanan mulai tahun ini, Oktober – November 2023, lalu ada Asia Cup,” pungkasnya.

Agenda FIFA Match Day melawan Argentina, dijadwalkan pada Juni. La Albiceleste, julukan bagi Argentina, menjadi negara berperingkat rangking FIFA paling tinggi yang siap beruji coba dengan timnas Merah Putih.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjalani uji coba melawan Uruguay yang kini menempati peringkat 16 FIFA di tahun 2011, Belanda (16 FIFA) di tahun 2013, dan Kamerun (42 FIFA) pada 2015. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo