TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

385 Calon Jemaah Haji Asal Tangsel Diberangkatkan

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 25 Mei 2023 | 17:37 WIB
Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga saat mengantarkan jamaah Haji menuju Bus. Foto : Ist
Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga saat mengantarkan jamaah Haji menuju Bus. Foto : Ist

SERPONG -  Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan melepas keberangkatan ratusan calon jemaah haji yang akan menjalankan ibadah di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi. Pelepasan ratusan calon jemaah haji yang tergabung dalam Kloter 10 ini, berlangsung di Islamic Center, Serpong, Tangsel, Kamis (25/5/2023). 

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, dalam gelombang pertama ini terdapat sebanyak 385 calon jemaah haji yang diberangkatkan. 

"Ya Alhamdulillah pada hari ini, kloter 10 calon jemaah haji kota Tangerang Selatan ada sejumlah 385 orang. Ini terbagi ada 4 kloter, total ada 993 jemaah yang akan diberangkatkan," ujar Pilar usai melepas keberangkatan para calon jemaah haji. 

Dari ratusan jemaah haji tersebut, Pilar menyebut terdapat beberapa jemaah yang sudah berusia lanjut.

Bahkan pada saat sebelum bus rombongan diberangkatkan, terlihat Pilar sempat membantu sejumlah calon jemaah haji yang harus menggunakan kursi roda menuju bus.

Didampingi oleh keluarga dan sanak famili, Pilar membantu mendorong kursi roda mengantarkan calon jemaah haji hingga naik ke dalam bus dengan selamat. 

"15 di antaranya itu ada orang tua yang menggunakan kursi roda dan cukup banyak lansia juga pada hari ini yang berangkat. Usia tertua 93 dari Kecamatan Pamulang, dan termuda ada 20 tahun dari Serpong Utara," ungkapnya. 

Keberangkatan ratusan calon jemaah haji kali ini sempat diselimuti dengan suasana haru. Tepatnya ketika para jemaah, bertemu dan berpamitan dengan keluarga sebelum menaiki bus rombongan yang disediakan. Isak tangis pun sempat mewarnai momen perpisahan tersebut. 

Pilar pun berpesan kepada ratusan warganya yang akan menjalankan ibadah haji di Tanah Suci ini, agar dapat menjaga kesehatannya dengan baik. 

"Dan fokus supaya para calon jemaah haji ini benar-benar menjalankan ibadahnya dengan fokus, karena di sana pasti dengan berdesakan jutaan orang ya kita tidak bisa mengandalkan hanya pendamping atau petugas saja. Kita harus menjaga diri juga, menjaga kesehatan supaya bisa menjalankan ibadah dengan baik, mabrur, dan kembali ke Tanah Air dengan sehat wal afiat," pesan Pilar kepada para calon jemaah haji. 

Ia pun kembali memberi perhatiannya kepada para jemaah yang sudah berusia lanjut. Pilar meminta kepada para calon jemaah untuk saling peduli terhadap sesama, terutama selama berada di Tanah Suci Makkah nantinya. 

Mengingat, lanjut Pilar, cukup banyak jemaah asal Tangsel yang sudah berusia lanjut. 

"Jadi saya berharap untuk bantu diperhatikan saudara-saudara kita yang sudah lansia. Apa kebutuhannya kita mencari ibadah lah seperti itu. Jangan mengandalkan petugas-petugas yang ada, karena petugas ini juga kan pasti terbatas dengan jumlah ratusan orang harus menangani. Yah kita saling menjaga supaya bisa kembali dengan selamat," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Tangsel, Dedi Mahfudin menambahkan, untuk menjamin kelancaran ibadah para calon jemaah haji, pihaknya juga memberangkatkan tim pendamping pada masing-masing kloter. 

"Ada Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) beserta dua orang paramedis sehingga jumlahnya 5 orang. Lalu ada juga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 3 orang. Jadi total semuanya ada 8 orang," singkatnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo