TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Gelar Pasar Murah

Kelurahan Cigadung Aktif Berdayakan Masyarakat

Oleh: Ari Supriadi
Sabtu, 09 Juli 2022 | 16:38 WIB
Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, menggelar kegiatan Gebyar Pasar Murah di halaman Kantor Kelurahan Cigadung, Kamis (7/7/2022) lalu.(Istimewa)
Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, menggelar kegiatan Gebyar Pasar Murah di halaman Kantor Kelurahan Cigadung, Kamis (7/7/2022) lalu.(Istimewa)

PANDEGLANG - Kelurahan Cigadung menjadi salah satu kelurahan di Kecamatan Karangtanjung, yang terbilang aktif.

Hal tersebut dari aktifitas sehari-hari di Kelurahan Cigadung yang dipenuhi berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) yang melibatkan Bhabinkantibmas dan Babinsa hingga mengundang tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Tak hanya itu, Kelurahan Cigadung juga kerap melibatkan peran lintas program dan sektor terkait mulai RT/RW, kader, Posyandu, TP PKK, Puskesmas hingga pelibatan pusat kesehatan hewan (Puskeswan) dalam setiap kegiatannya.

Kegiatan teranyar yang digagas Kelurahan Cigadung adalah Gebyar Pasar Murah yang dihadiri Assisten Administrasi Umum (Asda III) Setda Pemkab Pandeglang, Ramadani di halaman Kantor Kelurahan Cigadung, Kamis (7/7/2022) lalu.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga antusias datang untuk memilih dan mendapatkan sembako murah, mulai dari beras, makanan kuliner dan jajanan industri rumah tangga, hingga jamu herbal maupun minyak goreng. Selain itu disediakan pula gerai layanan vaksinasi oleh Puskesmas Pagadungan untuk menjangkau warga yang datang dan ingin divaksinasi Covid-19.

Adanya pasar murah di Kelurahan Cigadung tak hanya membuat antusias warga setempat untuk berjual-beli, sejumlah pengunjung Puskeswan Pandeglang pun ikut menikmati keberadaan pasar murah yang digelar sehari penuh tersebut. Hal tersebut dikarenakan letak Kelurahan Cigadung berdampingan dengan Gedung Puskeswan Pandeglang.

Pengunjung Puskeswan Pandeglang asal Kecamatan Majasari bernama Ina (38) mengungkapkan, dirinya membeli sembako karena dinilainya harga yang ditawarkan pasar murah Kelurahan Cigadung lebih murah dari biasanya.

“Ya beli minyak goreng kemasan satu liter sebanyak satu dus,” ujar Ina seraya mengaku secara kebetulan sedang berkunjung ke Puskeswan untuk melakukan pemeriksaan hewan kesayangannya.

Camat Karangtanjung, Ratu Tanti Darmiasih mengatakan, pasar murah di Kelurahan Cigadung dapat menjadi contoh dalam rangka mengangkat potensi-potensi yang ada di masyarakat, sehingga diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

“Insyaallah karena ini sebuah kegiatan yang inspiratif mudah mudahan akan menjadi contoh bagi kelurahan lainnya di Kecamatan Karangtanjung,” ujarnya.

Tanti mengaku mengundang seluruh kelurahan di Kecamatan Karangtanjung yakni Lurah Juhut, Kadumerak dan Lurah Pagadungan untuk hadir dan berpartisipasi dalam pasar murah tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Lurah Cigadung yang telah menginisiasi kegiatan inovasi ini.

“Kami juga hadirkan seluruh lurah yang ada di Kecamatan Karangtanjung supaya terlihat oleh para lurah yang lainnya, bahwa ini adalah kegiatan positif yang memang harus juga dilaksanakan di kelurahannya masing masing,” tegasnya.

Lebih lanjut Tanti memaparkan, sebagian produk lokal yang disajikan di pasar murah Kelurahan Cigadung merupakan program  unggulan daerah di antaranya Bandeng Presto di Kampung Sampora yang sudah masuk salah satu dari 15 program unggulan di Kabupaten Pandeglang.

“Kemudian di sini juga yang akan kita angkat menjadi bagian dari ekonomi kreatif tadi Pak Asda III mengapresiasi, ada keripik dari Daun Sirih, keripik dari Daun Kunyit dan keripik dari Daun Dewa, nanti akan diangkat oleh pemerintah daerah sebagai ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Pandeglang,” paparnya.

Dia berpesan kepada warganya di wilayah Kecamatan Karangtanjung untuk selalu optimis dan tetap terus semangat berusaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Dalam kondisi apapun pelaku UMKM jangan menyerah dan ini sudah dibuktikan di Kelurahan Cigadung dimasa Covid-19 yang sudah berlangsung selama dua tahun ini, tetapi usaha warga masyarakat Kecamatan Karangtanjung luar biasa, ekonomi masyarakat bisa tetap berjalan,” tandasnya.

Terpisah, Kepala UPT Puskeswan Pandeglang, Ade Setiawan mendukung penuh kegiatan pasar murah dan dirinya memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan sosialisasi pelayanan kesehatan hewan kepada pengunjung pasar murah.

“Kami mendukung penuh setiap kegiatan yang dilaksanakan Kelurahan Cigadung,” katanya.

Selain sosialisasi pelayanan kesehatan hewan kesayangan, tambah Ade, di lokasi pasar hewan pihaknya membagikan brosur tentang kewaspadaan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini sedang mewabah pada hewan ternak kerbau dan sapi.(rie)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo