TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Brawijaya Hospital Tangerang Beri Edukasi kepada Ratusan Ojol untuk Tanggap Hadapi Kecelakaan di Jalanan

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 13 Juli 2022 | 17:40 WIB
Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Brawijaya Hospital Tangerang, dr. Dody Kurniawan SpOT saat memaparkan materi dalam seminar kesehatan. (ist)
Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Brawijaya Hospital Tangerang, dr. Dody Kurniawan SpOT saat memaparkan materi dalam seminar kesehatan. (ist)

TANGERANG - Brawijaya Hospital Tangerang mengelar seminar kesehatan kepada ratusan pengemudi ojek online (ojol) agar tanggap saat menghadapi kecelakaan lalu lintas saat bekerja ataupun melintas di jalanan, Rabu (14/7/2022). 

Dalam seminar tersebut, tidak hanya dibahas ihwal langkah yang harus dilakukan dalam menyelamatkan korban, namun juga membahas terkait aspek pembiayaan, khususnya bagi para pengemudi ojol yang kesehariannya mencari mata pencaharian di jalanan. 

Sedikitnya, ada sebanyak 100 pengemudi ojol yang ikut dalam kegiatan tersebut. Mereka pun sangat antusias mengikuti dan mencermati setiap penjelasan yang dibawakan oleh pemateri, salah satunya adalah Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Brawijaya Hospital Tangerang, dr. Dody Kurniawan SpOT, 

Dalam paparan materinya itu, dokter Dody memaparkan bahwa kecelakaan kerja dapat dialami oleh siapapun. Terlebih oleh para pekerja yang sangat rentan mengalami hak tersebut, seperti salah satunya pengemudi ojol. 

Kecelakaan kerja, kata Dody, bisa dialami oleh siapapun pada saat berangkat ataupun pulang kerja. Ketika melewati jalan yang biasa dilalui, kecelakaan di tempat kerja dan berdinas di luar.

Untuk itu, maka diperlukan edukasi yang menjelaskan terkait cara dan langkah tepat untuk mengatasi sekaligus menangani hal tersebut dengan tepat. 

"Pertama hal yang dilakukan tetaplah tenang, dan berusaha tidak panik. Pastikan juga kondisi Anda aman dan minta pertolongan di tempat kejadian," jelas Dody. 

Setelah aman, pastikan kondisi tubuh dengan memeriksa singkat. Pastikan ada atau tidaknya luka, rasa nyeri ataupun sulit menggerakkan persendian tubuh. 

"Kalau terdapat luka yang terbuka, kecurigaan patah tulang dan lainnya, minta segera pertolongan untuk dibawa ke rumah sakit," imbuhnya. 

Sementara itu untuk spek pembiayaannya, dokter Dody mengatakan, pastikan agar terdaftar dalam Badan Pengelola Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, atau BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam hal ini, Brawijaya Hospital Tangerang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Sehingga, jika hal yang tidak diinginkan itu terjadi, korban bisa langsung mendapatkan penanganan dokter spesialis orthopedi yang kompeten di Brawijaya Hospital Tangerang. 

"Pastikan Anda sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, percayakan penanganan medis di Brawijaya Hospital Tangerang,” terangnya. 

Pasien kecelakaan kerja tentunya membutuhkan pelayanan yang cepat. Oleh karenanya, Brawijaya Hospital Tangerang juga memberikan gratis layanan jemput pasien dengan ambulance yang dilengkapi dengan fasilitas medis yang memadai dan juga penanganan dengan dokter-dokter ahli, seperti dokter ortopedi, dokter bedah dan dokter spesialis.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo