TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sekolah Swasta Bakal Dapat Subsidi Bosda Dari Pemkab Tangerang

Laporan: AY
Kamis, 27 Juli 2023 | 14:28 WIB
Bupati Tangerang Zaki Iskandar. Foto : Ist
Bupati Tangerang Zaki Iskandar. Foto : Ist

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang berani memberikan subsidi Bosda kepada sekolah-sekolah swasta. Asalkan sekolah swasta mau melakukan laporan pertanggung jawaban berdasarkan skema laporan Bosda kepada BPK.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang bisa saja memberikan subsidi kepada sekolah-sekolah swasata. Namun pihak sekolah swasta harus belajar untuk memahami laporan pertanggung jawaban keuangan penggunaan APBD Kabupaten Tangerang.

“Buat kita, Pemerintah Daerah tidak ada masalah. Tapi perlu digaris bawahi, laporan pertanggung jawaban Bosda dari APBD harus mengikuti skema laporan keuangan Bosda kepada BPK. Kalo mau, ayo dari swasta belajar dulu,” kata Zaki Iskandar kepada Redaksi, Rabu (26/7).

Lanjut Zaki, laporan itu (pertanggung jawaban) selalu menjadi kendala. Kata dia, jangankan yang baru seperti sekolah-sekolah swasta, sekolah-sekolah negeri saja masih ada temuan. Baik di SDN ataupun SMPN di setiap tahunnya dalam penggunaan BOS ataupun Bosda.

“Ini menjadi catatan, kalau mereka mau tidak ada masalah buat kita, Pemerintah Kabupaten Tangerang. Tapi mereka siap atau tidak, karena kan sistemnya tahun ini dicairkan, pemeriksaannya baru tahun depan. Uangnya udah pada kemana, suruh balikinnya tahun depan, nah itu yang sering menjadi kendala,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Moch Maesyal Rasyid mengatakan, sekolah merupakan modal utama bagi semua kalangan masyarakat. Karena itu, jangan ada anak-anak yang tidak sekolah.

“Prinsipnya jangan ada masyarakat Kabupaten Tangerang yang tidak sekolah, harus sekolah. Diperbaiki sekolahnya supaya mereka nyaman dan belajar dengan baik,” kata Sekda di depan guru, siswa, dan wali murid pada peresmian revitalisasi dan rehabilitasi SDN Carenang 3 Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Senin (24/07/23).

Sekda mengatakan, pembangunan sarana infrastruktur sekolah dilakukan melalui program CSR Bank Jabar Banten. Program ini bisa menjadi contoh pihak ketiga lainnya untuk program yang sama sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo