TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Perkuat Riset & Lulusan, FK UIN Jakarta Gandeng Tiga Perusahaan

Laporan: Idral Mahdi
Selasa, 12 September 2023 | 07:00 WIB
Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri (FK UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, menggandeng tiga perusahaan kesehatan dalam memperkuat kualitas riset sekaligus meningkatkan serapan lulusan.(dra)
Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri (FK UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, menggandeng tiga perusahaan kesehatan dalam memperkuat kualitas riset sekaligus meningkatkan serapan lulusan.(dra)

CIPUTAT TIMUR-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri (FK UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggandeng tiga perusahaan kesehatan dalam memperkuat kualitas riset sekaligus meningkatkan serapan lulusan.

 Kesepakatan FK UIN Jakarta dengan tiga korporasi ini dituangkan dalam penandatanganan MoU dan naskah kerja sama yang dilakukan oleh pimpinan masing-masing lembaga di Gedung Rektorat, Senin (11/9).

 Rektor UIN Jakarta, Asep Saepudin Jahar, Direktur PT Sciencewerke Doddy Hidayat, Presiden Direktur PT Media Jasa Utama (Global Doctor) Rama Trimaralatu Muskita, dan Kuasa Direksi PT Genomik Solidaritas Indonesia Costantein Johanes Geruh sepakat melakukan penandatanganan kerja sama.

 Dekan UIN Jakarta, Achmad Zaki menuturkan, inisiatif kerja sama dilakukan sebagai bagian dari pengembangan FK UIN Jakarta dalam bidang ventura terutama menyangkut pengembangan pusat riset diagnostik dan molekular, termasuk riset kelain genetik. “Jadi ini bagian dari roadmap FK UIN Jakarta,” katanya.

 Selain riset, inisiasi kerja sama juga dilakukan sebagai penguatan tingkat keterserapan para lulusan FK UIN Jakarta dalam berbagai lapangan medis nasional-global. “Selain rekognisi pengetahuan, ini juga jadi bagian perluasan jejaring kerja alumni FK UIN Jakarta,” ujar Zaki.

 Bahkan kerja sama juga dilakukan mengingat makin ketatnya tuntutan kualitas lulusan bidang kedokteran. Diproyeksikan 12 universitas akan segera membuka FK sehingga dengan begitu, FK UIN Jakarta perlu terus memperkuat kualitas kompetensi para lulusannya.

 Merespon inisiatif kerja sama ini, Rektor UIN Jakarta, Asep Jahar mengapresiasi positif kerjasama yang terbangun antara FK UIN Jakarta dan tiga perusahaan. “Idealnya memang begini, perguruan tinggi berinteraksi, bekerjasama dengan industri,” ujarnya.

 Menurutnya, inisiatif kerja sama ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. “Ini tradisi Mas Menteri, Mas Nadiem, tentu dari pemerintahan sekarang menggencarkan perguruan tinggi berkontribusi menghasilkan temuan-temuan teknologi bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

 Asep berpesan agar kesepakatan kerja sama bisa secepatnya direalisikan dalam program-program riil. “MoU ini tolong dilakukan secara kongkret, perjanjian kerja sama dalam kegiatan-kegiatan riil. Sehingga dosen, mahasiswa, dan sivitas lainnya bisa berinteraksi dalam kegiatan kerjasama ini,” katanya.

 Penandatanganan kerja sama sendiri disambut baik para pimpinan dan perwakilan perusahaan mitra. Presdir Global Doctor Rama misalnya, kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi masing-masing pihak dimana Global Doctor Indonesia bisa menutup kebutuhan tenaga-tenaga medis di berbagai klinik, sedang FK UIN Jakarta juga memiliki peluang penyaluran para lulusan.

 “Kami ingin bekerja sama dengan FK UIN Jakarta, terutama para alumni FK, tapi juga para perawat. Bisa kami salurkan ke lokasi-lokasi strategis,” katanya.

 Global Doctor Indonesia sebagai representasi perusahaan global yang beroperasi di berbagai negara, kini memiliki 15 klinik di berbagai area pertambangan batu bara di Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. “Core business kami dalam pemberian jasa kesehatan di tambang-tambang batu bara,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo