TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sandi Ngebet Dipinang Ganjar

Laporan: AY
Sabtu, 16 September 2023 | 09:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Meski belum jadi Cawapres, Sandiaga Uno sudah punya program andalan buat kampanye. Yakni, ekonomi hijau. Konsep tersebut, telah dia sampaikan kepada Ganjar Pranowo yang diusung partainya menjadi Capres. Sudah punya program kampanye, Sandi ngebet dipinang Ganjar.

Sebagai Ketua Bappilu PPP, San­di mengatakan, sektor ekonomi jadi topik utama yang dibahas partainya dengan PDIP, saat menjalin kerja sama politik jelang Pilpres 2024. Dia yakin, konsep ekonomi hijau yang ditawarkan mampu membuka peluang usaha bagi masyarakat luas.

Baca juga : Gelisah Karena Terpecah, Projo Merapat Dukung Ganjar

"Pak Ganjar dan koalisi PDIP dan PPP harus memberikan solusi ekonomi kepada masyarakat," ujar Sandi di Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Sandi menjelaskan, maksud dari ekonomi hijau yaitu menitikberatkan sektor industri agar menggunakan energi baru dan terbarukan. Dia berharap, hal itu mampu membuat Indonesia makin matang dalam meng­hadapi persaingan global.

Tak hanya soal energi, Sandi juga menawarkan solusi ekonomi berkelan­jutan dan berkeadilan untuk mem­berikan peluang usaha bagi setiap masyarakat. Tapi, dia belum merinci bagaimana konsepnya.

Kendati demikian, program tersebut diklaim Sandi mampu menciptakan lapangan kerja secara luas. Sehingga, mampu menekan angka pengangguran sekaligus menjaga stabilitas harga pang­an, dan membuat biaya hidup terjang­kau. "Itu menjadi fokus kami," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga sempat menyinggung soal sosok Cawapres lain yang masuk dalam bursa PDIP. Seperti, Menko Polhukam Mahfud MD dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Bagi Sandi, keduanya adalah putra terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia saat ini. Jika salah satunya terpilih sebagai pendamping Ganjar, Sandi memastikan, PPP tetap berada dalam barisan koalisi PDIP.

Ia pun menambahkan, PPP tidak akan pindah haluan dan membentuk poros baru dalam menghadapi Pilpres, sekalipun sosok Cawapres bukan berasal dari internal partainya. “PPP komitmen istiqomah terhadap kerja sama dengan PDIP, untuk memastikan Indonesia menuju negara yang maju,” pungkas Sandi.

Lalu siapa yang dipilih PDIP seba­gai Cawapres Ganjar? Politikus PDIP, Deddy Yevri Sitorus menjelaskan, saat ini partainya masih mempertimbang­kan sejumlah nama untuk diusung menjadi Cawapres Ganjar. Mulai dari Ridwan Kamil, Mahfud MD, hingga Sandi.

Dia menyampaikan, sampai saat ini belum ada keputusan mengikat dari internal PDIP, PPP, Hanura, dan Per­indo, terkait sosok Cawapres Ganjar. Menurut dia, semuanya punya peluang yang sama. Tapi, dia menilai, Sandi punya keunggulan dibanding yang lain. Terlebih lagi yang bersangkutan adalah mitra koalisi PDIP.

“Pak Sandi kan Ketua Bappilu PPP, menteri aktif, mantan Wakil Gubernur. Modal politiknya cukup,” ujar Deddy saat dikonfirmasi Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup) semalam.

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi alias Awiek menjelaskan. koalisinya masih masih menimbang, melihat, dan memetakan potensi masing-masing tokoh yang dianggap potensial untuk menjadi Cawapres Ganjar. “Kalau PPP sudah pasti mengusung Pak Sandi, namun kami juga masih berembuk dan mendengarkan masukan dari partai-partai temen koalisi yang lain­nya,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka, semalam.

Sementara, Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, Sandi sudah ngebet dipinang Ganjar. Sebab, di saat Cawapres lain diperhitungkan berdasarkan elekta­bilitasnya, Sandi justru membawa program kampanye.

“Tapi program ekonomi hijau ini secara substantif menarik untuk dicer­mati,” ujar Agung, semalam.

Menurut Agung, program tersebut justru bisa jadi tawar tersendiri buat Sandi. Meskipun beberapa hari ke belakang, elektabilitasnya mulai turun karena memutuskan keluar dari Partai Gerindra dan masuk ke PPP.

Agung mengingatkan, Sandi me­rupakan sosok pebisnis ulung yang pu­nya sepak terjang cukup luas. Karena itu, dia bisa menjadi penggerak motor ekonomi buat Ganjar jika terpilih men­jadi Capres-Cawapres 2024.

“Di saat yang sama sesungguhnya Sandi juga punya modal elektabilitas dan isi tas (logistik) yang lebih baik dari Ridwan Kamil maupun Mahfud,” tutup Agung.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo