TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Demokrat Kasih Dukungan, Prabowo Peluk SBY

Oleh: Farhan
Senin, 18 September 2023 | 09:02 WIB
Prabowo Subianto saat menyambut Susilo Bambang Yudhoyono di Hambalang, Bogor. Foto : Ist
Prabowo Subianto saat menyambut Susilo Bambang Yudhoyono di Hambalang, Bogor. Foto : Ist

BOGOR - Partai Demokrat memutuskan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat mengunjungi kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor, kemarin. Saat tiba di Hambalang, SBY dipeluk hangat Prabowo.

Setelah keluar dari Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai Capres, sikap Demokrat selanjutnya dinanti-nanti publik. Apakah partai yang didirikan SBY itu, akan merapat ke Ganjar Pranowo yang diusung PDIP, atau ke Prabowo yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Kemarin pagi, mulai muncul kepastian arah dukungan Demokrat. Kabar tersebut semakin terang benderang setelah adanya agenda SBY berkunjung ke rumah Prabowo. Rumah Prabowo pun langsung ramai. Sejumlah bos parpol Koalisi Indonesia Maju berdatangan. Tampak hadir Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum Partai Gelora Anis Matta. Bahkan hadir juga para petinggi PSI seperti Grace Natalie, Raja Juli Antoni, dan Isyana Bagoes Oka.

Rombongan SBY tiba di Hambalang sekitar pukul 4 sore. SBY yang mengenakan kemeja lengan panjang warna biru, datang dengan menumpang mobil berpelat nomor F 414 RI. SBY datang bersama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan anak sulungnya, dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono yang merupakan anak bungsunya.

Turun dari mobil, SBY langsung disambut Prabowo, yang mengenakan kemeja biru dongker. Hadir para pengurus elite Gerindra, antara lain Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad dan Sekjen Ahmad Muzani. Terlihat pula Agum Gumelar dan Wiranto.

SBY dan Prabowo bersalaman, lalu berpelukan hangat sambil cipika-cipiki. Bos parpol anggota KIM pun ikut menyambut SBY dan rombongan. "Hidup, Pak SBY," terdengar teriakan dukungan kepada Presiden ke-6 RI itu.

Prabowo lalu mengajak SBY dan rombongan masuk dan berkeliling rumah. Setelah itu, SBY dan Prabowo melakukan pertemuan tertutup.

Sekitar pukul 6 petang, Prabowo dan SBY muncul dari balik pintu. Tak ada keterangan pers kepada wartawan seperti biasanya. SBY masuk ke mobil meninggalkan awak media.

Lalu, apa yang dibahas? Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief mengatakan, pertemuan SBY dan Prabowo untuk membahas dukungan Demokrat kepada Prabowo. Jadi, dalam perjalanannya nanti, Demokrat dan KIM akan 

mengkombinasikan antara perubahan dan kesinambungan, sehingga dalam koalisi sama-sama boleh mengkampanyekan tentang perubahan dan kesinambungan. "Jadi yang baik kita teruskan, yang masih evaluasi kita ubah," kata Andi, kemarin.

Soal waktu deklarasi dukungan ke Prabowo, Andi bilang, akan diumumkan AHY pada Kamis depan. "Hari ini, kami mematangkan dukungan itu. Namun, secara chemistry sudah nggak diragukan lagi lah," ungkapnya.

Bagi Gerindra, kedatangan SBY ke rumah Prabowo ini sebagai bentuk dukungan telah resmi. Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan bergabungnya Demokrat ke KIM dalam Instruksi Harian yang dibuatnya untuk para kader Gerindra.

“Kepada kader Partai Gerindra di seluruh Indonesia, pada hari ini, kita telah menerima satu kehormatan dengan bertambahnya kekuatan dalam menghadapi Pilpres 2024. Pada hari ini, partai kita telah resmi menerima bergabungnya Partai Demokrat ke dalam Koalisi Indonesia Maju,” ucap Dasco, dalam Instruksi Hariannya, kemarin.

Dia menyebutkan, dalam pertemuan itu, Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai yang menyatakan mendukung Prabowo sebagai Capres pada Pilpres 2024. Dasco menyatakan, hal ini adalah sesuatu yang membuat kader Gerindra bangga.

“Sesuatu yang membuat kita kuat, sesuatu yang membuat kita bertambah semangat untuk berjuang. Sehingga mulai hari ini kita pererat kerja sama dengan saudara-saudara kita dari Partai Demokrat seluruh Indonesia sebagai salah satu teman seperjuangan selain saudara-saudara kita dari partai yang telah berkoalisi terlebih dahulu,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. "Dalam sambutannya, Pak SBY menyatakan Partai Demokrat menyatakan dukungannya secara resmi kepada Pak Prabowo sebagai Capres di Pilpres 2024,” kata Viva, kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, kata Viva, SBY juga menyampaikan Partai Demokrat merasa nyaman dan serasa di rumah di KIB, karena ada kesamaan cita-cita dan chemistry. SBY memuji Prabowo sebagai seorang pejuang yang tak pernah lelah mengabdikan diri untuk bangsa dan negara.

"Poin terakhir yang penting dari pertemuan itu, SBY selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat bakal turun gunung untuk memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024,” ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo