TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

FIFA Matchday

AS Dibekuk Jerman 1-3, Debut Nagelsmann Menjanjikan

Oleh: Farhan
Minggu, 15 Oktober 2023 | 07:38 WIB
Skuad Jerman. Foto : Ist
Skuad Jerman. Foto : Ist

AMERIKA SERIKAT - Pelatih muda Julian Nagelsmann menjalani debutnya sebagai pelatih Der Panzer melawan pasukan Negeri Paman Sam, atau Timnas Amerika Serikat.

Hasilnya, Die Mannschaft berhasil menggilas The Yanks, julukan Amerika pada laga tandang dalam laga uji boba FIFA Matchday di Stadion Rentschler Field, East Hartford, Connecticut, Amerika, Minggu (15/10) dini hari tadi.

Tim berjuluk Der Panzer itu menang dengan skor meyakinkan 3-1 atas tim tuan rumah. 

Sempat kesulitan pada awal laga dan tertinggal dari gol Christian Pulisic, Jerman mampu comeback. Tiga gol Der Panzer dicetak oleh Ilkay Gundogan, Niclas Fullkrug, dan Jamal Musiala.

Jerman menang berkat performa apik sang kapten, Ilkay Gundogan. Jerman sempat tertinggal dari gol Christian Pulisic sebelum akhirnya menang 3-1. 

Tiga gol Jerman pada laga debut Julian Nagelsmann sebagai pelatih ini dicetak Ilkay Gundogan, Niclas Fullkrug, dan Jamal Musiala.

Jerman selalu menang pada dua laga terakhir. Setelah ini, Jerman akan memainkan laga uji coba lawan Meksiko. 

Sementara, Amerika Serikat akan berjumpa Ghana untuk mengisi FIFA Matchday edisi Oktober 2023 ini.

Ilkay Gundogan terpilih sebagai Man of the Match laga tersebut. Ilkay Gundogan bermain sangat apik di lini tengah Jerman. Dia terlihat sangat dominan dalam permainan. 

Nagelsmann melakukan rotasi besar-besaran pada babak kedua, terutama setelah unggul 3-1. Namun, Gundogan tak tergantikan. Dia bermain secara penuh.

Sepanjang laga, Gundogan melepaskan 90 umpan (86 sukses). Akurasi umpan eks pemain Manchester City itu mencapai 96 persen. 

Dengan kemenangan ini, debut Julian Nagelsmann berjalan mulus. Amerika Serikat dan Jerman sama-sama bermodalkan kemenangan menatap laga ini.

Sebelumnya, tim Negeri Paman Sam memetik kemenangan 4-0 atas Oman. Sementara itu, Der Panzer percaya diri datang ke Amerika Serikat dengan kemenangan 2-1 atas Prancis di laga sebelumnya.

Julian Nagelsmann ditunjuk menjadi pelatih baru menggantikan posisi Hansi Flick yang dipecat. Di sisi lain, debut Nagelsmann sebagai pelatih timnas Jerman untuk pertama kalinya terbilang mulus.

Dengan usianya 36 tahun, Nagelsmann menjadi pelatih termuda dalam hampir satu abad terakhir sejarah timnas Jerman.

Tugas eks pelatih Bayern Munchen ini terbilang cukup berat. Ia harus membangun kembali performa Die Mannschaft, setelah kegagalan di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Apalagi pada 2024 mendatang, Jerman menjadi host perhelatan Piala Europa atau Euro. Namun, sebagai pelatih muda, Nagelsmann masih banyak berharap dari para pemain senior. 

Itu terbukti dari skuad Jerman yang berisi 26 orang, sebanyak 12 di antaranya berusia 30 tahun ke atas. Seperti Thomas Mueller, Matt

Hummels, Antonio Rudiger, dan Ilkay Gundogan. Ia beralasan itu adalah hasil seleksi berdasarkan performa, bukan reputasi atau potensi.

“Aku jelas memilih yang pengalaman dengan harapan untuk bisa menang sekarang,” tutur Julian Nagelsmann seperti dilansir AFP.

Nagelsmann berharap para pemain senior bisa menularkan pengalamannya kepada para pemain muda. Itu juga yang diharapkannya dengan menarik kembali Matt Hummels setelah ditinggalkan dari skuad Piala Dunia Qatar 2022. 

Ketika itu, pelatih Hansi Flick lebih memilih Armel Bella-Kotchap sebagai bek tengah, meski akhirnya tidak sempat dimainkan.

Sementara, Ilkay Gundogan tetap menyandang ban kapten. Gundogan yang memenangi treble dengan Manchester City musim lalu diharapkan bisa memberi ketenangan dan sedikit kesabaran kepada timnas Jerman.

Pada laga berikutnya, Timnas Jerman, yang akan menjadi tuan rumah Euro 2024, bakal berhadapan dengan Meksiko di Stadion Lincoln Financial Field, Rabu (18/10/2023) pukul 07.00 WIB.

Di sisi lain pada hari yang sama Amerika Serikat bakal menjamu Ghana di Stadion Geodis Park

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo