TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hotman Paris Idap Penyumbatan Pembuluh Darah, Ternyata Ini Pemicunya

Oleh: Mg.1
Selasa, 24 Oktober 2023 | 10:52 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Hotman Paris buka-bukaan soal kondisi kesehatannya saat ini. Pengacara kondang tersebut bahkan mengaku mengidap penyumbatan pembuluh darah hingga 70 persen, sehingga ia harus memasang tiga ring jantung. 

"Saya tidak tahu, tapi dengan berjalan waktu makanan itu mengendap, jadi terjadi penyumbatan. Jadi saya ada tiga cincin, ring tiga. Harganya waktu itu biayanya hampir 500 juta," kata Hotman beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya, Hotman Paris mengeluh sakit di bagian belakang telinganya. Ia pun melakukan CT Scan dan baru mengetahui pembuluh darahnya sudah bermasalah, bahkan ada yang hampir putus. 

Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Bayushi Eka Putra, SpJP, FIHA, menjelaskan bahwa kondisi ini terjadi saat adanya penumpukan plak di dalam dinding arteri yang mempersempit atau bahkan menghalangi aliran darah. 

Biasanya, kondisi ini dialami oleh orang dengan riwayat hipertensi, kolesterol tinggi, merokok, diabetes, hingga gaya hidup yang tak sehat. 

"Walaupun faktor genetik juga perlu menjadi perhatian. Seiring bertambahnya usia, risiko mengalami penyumbatan pembuluh darah memang meningkat, namun bukan berarti setiap orang pasti akan mengalaminya," katanya, Selasa (24/10/2023).

Ia pun mengimbau agar melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, lantaran gejala penyumbatan pembuluh darah bisa bervariasi dan terkadang sulit dideteksi. 

"Komplikasi akibat penyumbatan pembuluh darah bisa serius, termasuk serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian. Untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, dianjurkan untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta menjaga pola hidup sehat," jelasnya. 

Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan psikis, dan menghindari stres yang berlebih.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo