TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Golkar Hibur Kang Emil

Boleh Pilih, Pilkada Jabar Atau DKI

Laporan: AY
Selasa, 24 Oktober 2023 | 13:22 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAWA BARAT - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mendapat ‘pelipur lara’ dari Partai Golkar, setelah tidak dicalonkan sebagai wakil presiden (cawapres) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Dia bebas memilih, maju sebagai calon gubernur (cagub) Jabar atau DKI Jakarta pada gelaran Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Sekretaris Dewan Pim­pinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Jabar, MQ Iswara mengatakan, pihaknya mengapresiasi sikap Ridwan Ka­mil yang tetap setia pada Partai Beringin, meski tak disodorkan sebagai cawapres Koalisi Indo­nesia Maju (KIM). Menurut dia, sikap Ridwan dalam dinamika politik 2024 menjadi gamba­ran loyalitasnya kepada Partai Golkar.

Sebab itu, lanjutnya, Partai Golkar dalam rapat pleno, Rabu (18/10) lalu, memberi kebebasan kepada Ridwan untuk memilih masa depan politiknya di Pilkada 2024. “Partai Golkar memberi kebebasan kepada Kang Emil (Ridwan Kamil), untuk me­milih maju Pilkada DKI Jakarta atau Jabar,” ujar Iswara dalam keterangannya, Senin (23/10).

Jika Ridwan memilih maju di Pilkada DKI Jakarta, lanjut dia, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan menyiapkan kader lain untuk bertarung di Pilkada Jabar. Iswara me­mastikan, pihaknya memiliki banyak kader yang memiliki kapasitas dan kapabilitas mem­puni, untuk diusung di Pilkada 2024 nanti.

“Golkar merupakan partai kader. Apapun pilihan Kang Emil, kami pasti punya kader yang akan diusung. Insya Allah, kami akan menyiapkan kader lain kalau Kang Emil mau maju di Pilkada DKI Jakarta,” cetus dia.

Terpisah, pengamat politik dan kebijakan publik dari Yayasan Vinus, Yusfitriadi menyatakan, Ridwan Kamil merupakan tokoh paling popular di Jabar. Dia menyebut, saat ini belum ada tokoh yang menyaingi popularitas Ridwan di Provinsi Jabar.

“Dengan situasi ini, idealnya dia memutuskan maju lagi di Pilkada Jabar. Belum ada tokoh yang menyaingi popularitas Ridwan, bahkan Bima Arya (Wali Kota Bogor), belum bisa melampaui Ridwan,” ujar Yusfitriadi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, siapa pun yang ingin melawan Ridwan Kamil di Pilkada Jabar harus membuat perhitungan yang matang. Semua hal harus dipertimbangankan, bila ingin mengalahkan petahana. “Seperti dukungan partai politik, ko­alisi, dan elektabilitas di tingkat provinsi,” jelas dia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo