TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pasien Cacar Monyet Sudah Diisolasi, Dinkes Tangsel Minta Warga Nggak Panik

Oleh: Farhan
Selasa, 31 Oktober 2023 | 15:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, kasus monkeypox atau cacar monyet terus bertambah. Per Minggu (29/10/2023) tercatat ada 24 pasien positif cacar monyet. Dari 24 pasien tersebut, dua di antaranya berdomisili di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Kabar dua warga Tangsel terpapar cacar monyet ini diakui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel.

"Iya benar, dua orang terkonfirmasi monkeypox," kata Kepala Dinkes Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar, Selasa (31/10/2023). 

Namun dari dua pasien berjenis kelamin laki-laki itu, satu di antaranya ber-KTP luar Tangsel. Allin menyebut, pasien berusia 24 tahun itu baru 10 bulan tinggal di Tangsel. 

Sedangkan, pasien lainnya berusia 31 tahun, ber-KTP Tangsel. Kedua pasien mengalami demam serta lesi di tangan, wajah, dan badan. Keduanya tidak memiliki komorbid. 

Allin bilang, kedua pasien tersebut sudah ditangani dan dilakukan isolasi. "Kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh puskesmas setempat," ujarnya.

Dikatakan Allin, pasien pengidap cacar monyet tidak perlu khawatir. Merekanbisa melakukan isolasi mandiri, karena secara alami akan sembuh sendiri jika tidak ada infeksi tambahan atau tidak ada komorbid berat.

Meski begitu Allin mengimbau masyarakat Tangsel untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta meningkatkan protokol kesehatan. Dia meminta masyarakat waspada namun tidak panik. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo