TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Presiden Sampaikan Ucapan Duka Cita Atas Wafatnya Shinzo Abe

Oleh: HES/AY
Rabu, 27 Juli 2022 | 13:02 WIB
Presiden Joko Widodo bersama PM Jepang Fumio Kishida. (Dok. Setpres)
Presiden Joko Widodo bersama PM Jepang Fumio Kishida. (Dok. Setpres)

JEPANG - Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe, dalam pertemuannya dengan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Rabu (27/7) siang.

“Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya,” ungkap Presiden Jokowi kepada PM Kishida, seperti dikutip Kyodo, Rabu (27/7).

BACA JUGA

PM Kishida pun menerima ucapan tersebut dengan khidmat. Dia menyatakan siap melanjutkan kebijakan Abe, selama menjabat sebagai PM Jepang.

"Saya juga berusaha untuk lebih memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia, di masa kini dan yang akan datang," papar Kishida.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara juga membahas seputar kerja sama bilateral dan rencana pertemuan dalam KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Desember mendatang.

"Kami ingin mempromosikan kerja sama dengan negara Indonesia, menuju perkembangan baru FOIP atau Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka, berdasarkan ASEAN Outlook AOIP di Indo-Pasifik," terang PM Kishida.

Pertemuan itu mencapai kata sepakat dalam kerja sama di berbagai bidang, termasuk energi dan keamanan maritim.

Reuters menyebut, Jepang setuju memberikan pinjaman sebesar 43,6 miliar yen atau sekitar Rp 4,8 triliun kepada Indonesia.

Dana tersebut akan digunakan untuk proyek infrastruktur dan pencegahan bencana.

Usai bertemu Kishida, Jokowi yang sebelumnya mengunjungi Presiden China Xi Jinping, dijadwalkan bertemu dengan Kaisar Jepang dan Permaisuri di rumah kediaman resmi Istana Kekaisaran Jepang sore ini.

Dalam kunjungan ke Jepang, Presiden Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo