TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemprov Banten Giatkan Koperasi Naik Kelas

Laporan: AY
Jumat, 03 November 2023 | 11:31 WIB
Foto : Humas Pemprov
Foto : Humas Pemprov

SERANG - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Virgojanti mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus menggiatkan koperasi di Provinsi Banten untuk naik kelas. Salah satunya dengan memfasilitasi digitalisasi koperasi.

Hal itu diungkapkan Virgojanti saat membuka rangkaian HUT Ke-76 Koperasi di Halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (2/11/2023). Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Pembaharuan dan Kemitraan Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bagus Rahman, Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten Siti Ma'rifah, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Dikatakan, berbagai isu strategis telah dilaksanakan oleh Pemprov Banten dengan memberikan kemudahan pembentukan koperasi melalui bantuan akta pendirian koperasi baru secara gratis yang dibiayai melalui APBD. Pada tahun anggaran 2023, Pemprov Banten telah dilaksanakan bantuan akta pendirian koperasi baru sebanyak 50 koperasi.

“Pemprov juga telah mendorong agar koperasi di Provinsi Banten bisa maju secara modern. Melalui pelatihan digitalisasi koperasi dan modernisasi kelembagaan koperasi, pengaturan tata kelola usaha simpan pinjam sampai pengembangan ekosistem koperasi,” papar Virgojanti.

Diungkapkan, peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tahun 2023 ini, juga merupakan rangkaian HUT Ke-23 Provinsi Banten. Ini menjadi momentum bagi gerakan koperasi dan pelaku UMKM untuk unjuk gigi melalui ekosistem koperasi dan UMKM masa depan, baik melalui digitalisasi, kolaborasi hasil riset dan inovasi, hingga masuk ke dalam hilirisasi. 

“Kita merancang agar UMKM di Provinsi Banten dapat masuk pada program hilirisasi rantai pasok. Transformasi UMKM masa depan juga ditandai dengan masuknya UMKM pada platform digital. Hal tersebut sejalan dengan target Pemprov Banten dalam mendorong UMKM on Boarding, yang saat ini banyak UMKM di Provinsi Banten sudah masuk ke dalam ekosistem digital,” jelasnya. 

Untuk itu, lanjut Virgojanyi, dalam menyiapkan UMKM masuk ke dalam ekosistem digital tersebut. Pemprov Banten berkolaborasi dengan beberapa perusahaan marketplace untuk memberikan pelatihan bersama kreator digital. 

“Langkah selanjutnya yang juga ikut mendorong UMKM on boarding adalah dengan fasilitasi belanja pemerintah melalui toko daring dan e-katalog,” ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten Agus Mintono menambahkan, ada banyak kegiatan dalam rangka HUT Ke-76 Koperasi ini seperti Pameran UKM, Bazar, Gerakan Pangan Murah, jalan sehat, gerakan koperasi, talk show, belajar video konten UKM, kuliner, serta musik dan budaya.

Pada kegiatan itu, Pemprov Banten juga memberikan Penghargaan Koperasi Berprestasi tingkat Provinsi Banten Tahun 2023. Juara pertama Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Raya Banda Madani, Koperasi Konsumen Karyawan PT. Adis Dimension Footwear dan yang ketiga Koperasi Konsumen Karyawan PT. Sankyu Indonesia International Cilegon.

“Untuk penghargaan Koperasi Nasional Berprestasi di Provinsi Banten yang pertama Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Benteng Mikro Indonesia (KSPPS BMI), KSPPS Abdi Kerta Raharja (AKR) dan Koperasi Karyawan Garuda Indonesia,” ucapnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan hibah rumah layak huni sebanyak delapan unit, bantuan sanitasi masjid, mushola dan pesantren, serta sanitasi dhuafa dua buah dari Kopsyah Benteng Mikro Indonesia (BMI), penyerahan bantuan sembako untuk kaum dhuafa sebanyak 50 paket.

Kemudian beasiswa Paket C dan B, beasiswa tahfidz qur’an dari Kopsyah Abdi Kerta Raharja (AKR), penyerahan bantuan lima kursi roda dan lima gerobak usaha dan beasiswa pendidikan untuk SD, SMP, SMA dari Kopsyah BMI dan AKR serta penyerahan Sertifikat Halal dan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada Pelaku Ekraf Binaan Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo