TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ingin Diet Tanpa Olahraga? Lakukan Berbagai Cara yang Efektif Ini

Laporan: Gema
Sabtu, 04 November 2023 | 12:25 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Untuk kamu yang sedang berada dalam kondisi tidak memungkinkan untuk berolahraga namun ingin tetap diet, kalian bisa mencoba berbagai macam cara yang efektif dan aman ini.

Jika kalian sedang mengalami cedera atau selesai menjalani operasi, biasanya tidak disarankan untuk berolahraga ataupun melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat.

Untuk itu, kalian bisa tetap diet tanpa olahraga dengan mencoba berbagai hal berikut:

1. Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Saat makan, coba gunakan piring yang yang lebih kecil untuk makanan mengandung protein, dan menggunakan piring besar saat makan makanan yang mengandung sayuran. Dengan ini, kamu dapat memakan lebih banyak sayuran daripada biasanya.

2. Mengunyah Secara Perlahan

Cara diet lainnya tanpa berolahraga, adalah kamu bisa mencoba makan dengan tanpa gangguan seperti menonton TV, bermain handphone, atau bahkan sambil menyetir. 

Kunyah makanan secara perlahan, agar lebih terasa kenyang, membakar lebih banyak kalori, dan juga mempengaruhi hormon yang berhubungan dengan rasa lapar.

3. Konsumsi Makanan Kaya Protein dan Serat

Protein memiliki efek yang kuat bagi nafsu makan, sehingga mampu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung serat seperti kacang-kacangan agar mampu membantu rasa kenyang lebih lama.

4. Minum Air Putih

Dengan meminum air putih sebelum makan, dapat membantu penurunan berat badan. Minum air sebelum makan juga dapat mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi, tanpa mempengaruhi rasa kenyang.

5. Kurangi Minuman Manis

Asupan kalori berlebih dari minuman-minuman manis, tidak mempengaruhi rasa kenyang seperti halnya saat makan makanan padat. Selain itu, sering mengonsumsi minuman manis juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

6. Tidur Secara Teratur

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur kira-kira 7 sampai 8 jam setiap harinya. Jika tidur dengan cukup, akan membantu dalam mengatur hormon yang berhubungan dengan rasa lapar. Sementara saat kurang tidur, tubuh akan memberi sinyal banyak kamu sedang lapar.

7. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Kamu akan merasa lebih cepat lapar apabila melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan juga dapat menghambat proses penyembuhan bagi kamu yang baru saja pulih dari cedera.

Terutama, jangan lewatkan waktu sarapan lantaran tubuh dan otak akan membutuhkan energi. Saat sarapan, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung protein, serat, dan juga sedikit lemak.

8. Hindari Stres Berlebih

Jika mengalami stres berlebih, biasanya kita akan melampiaskan hal tersebut dengan makanan. Tanpa disadari, kita akan lebih banyak mengonsumsi makanan dan membuat berat badan menjadi naik.

Komentar:
Eka Hospital
Bapenda
ePaper Edisi 22 Mei 2024
Berita Populer
03
Pesawat Latih Jatuh di BSD Memakan 3 Korban Jiwa

TangselCity | 2 hari yang lalu

04
08
Seba Baduy 2024

Pos Banten | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo