TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kesibukan Capres Di Akhir Pekan

Anies Ke Solo, Ganjar Ziarah, Prabowo Dampingi Jokowi

Laporan: AY
Minggu, 05 November 2023 | 10:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Libur akhir pekan dimanfaatkan tiga bakal Capres dengan kesibukan yang berbeda-beda. Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan terbang ke Solo, Jawa Tengah untuk mengikuti Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi dan menemui para relawan.  Sementara Ganjar Pranowo berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, lalu dilanjut ke Semarang untuk melakukan konsolidasi kader dan relawan. Sementara Prabowo Subianto mendampingi Presiden Jokowi mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Dimulai dari Anies. Bersama pasangannya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, pasangan yang dipanggil AMIN ini menghadiri haul di Masjid Riyadh Pasar Kliwon, Kota Solo, Sabtu (4/11/2023). Sebelum menuju lokasi haul, pasangan yang diusung Partai NasDem, PKB, dan PKS ini itu bersilaturahmi ke kediaman Habib Husein Alaydrus, di Pasar Kliwon.

Mereka juga menyempatkan bersalaman dengan sejumlah jemaah yang hadir. Anies diteriaki 'presiden' sepanjang jalan.

Usai acara, Anies juga menghadiri sejumlah acara. Salah satunya menghadiri acara konsolidasi relawan Amin Soloraya  di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu, Anies memompa semangat para relawan dan pendukung agar memenangkan pasangan AMIN. Kata Anies, Solo menjadi bagian penting untuk menggulirkan perubahan.  "Kalau di Solo menang, bergetar seluruh Indonesia. Betul nggak. Insya Allah," kata Anies disambut tepuk tangan pendukungnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, untuk melakukan perubahan tidaklah mudah. Salah satunya butuh kemenangan yang mutlak.

"Bila semua menjadi bagian pergerakan di Solo ini makin hari makin kuat insyaallah 4 bulan lagi di sini kita bisa sujud syukur kemenangan dari Solo. Menang besar, menang mutlak, insyaallah," tuntasnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi kader dan relawan pasangan Ganjar-Mahfud di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Sabtu (4/11/2023). Acara berlangsung meriah dengan ribuan relawan dari masing-masing kabupaten/kota di Jateng.

Usai acara, Ganjar menegaskan bahwa Jawa Tengah (Jateng) masih menjadi "kandang banteng" meski salah satu kader PDI-P kini menjadi lawan di Pilpres mendatang.   

"Banteng makin solid, makin menguat. Karena banteng tidak pernah cengeng. Karena banteng itu kalau ketaton (terluka) bukan nangis, dia akan marah," kata Ganjar usai acara.

Pada kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi kekompakan dan soliditas relawan, kader, serta partai pengusung yang hadir dalam konsolidasi hari ini.

Menurutnya, antusiasme ribuan pendukung berkaos putih dengan gambar Ganjar-Mahfud menunjukan bahwa mereka tetap solid terlepas perkembangan situasi politik saat ini.

Sehari sebelumnya, Ganjar bersama Mahfud MD berziarah ke makam proklamator sekaligus Presiden RI pertama, Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Jumat (3/11/2023). Ganjar berziarah didampingi istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti dan anaknya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Mahfud juga didampingi istrinya, Zaizatun Nihayati dan keluarga.

Mereka berziarah bersama dengan Ketua Umum PDIP, sekaligus anak Soekarno, Megawati Soekarnoputri. Turut mendampingi, Prananda Prabowo dan Puan Maharani dan sejumlah pengurus DPP PDIP. Rombongan Ganjar dan Mahfud tiba sekitar pukul 14.40 WIB. Ganjar berserta rombongan selesai berziarah sekitar pukul 16.10 WIB. Mereka sempat Salat Ashar bersama.

Ribuan warga menyambut baik dan antusias rombongan Ganjar dari mulai datang hingga selesai. Mereka berswafoto dan berteriak Ganjar jadi presiden hingga mendoakan Ganjar menjadi Presiden periode 2024-2029

Menurut Ganjar, ziarah bersama ini telah direncanakan jauh-juah hari.  Ganjar menilai sosok Soekarno sebagai figur yang konsisten membela rakyat kecil. Menurut Ganjar, teladan Soekarno akan diikutinya dengan baik.

"Semangat mandiri, berjuang, bela wong cilik dan konsisten. Itu yang harus dilakukan," tegas Ganjar.

Di tempat terpisah, Capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto tidak melakukan safari politik di hari libur kemarin. Prabowo yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu, terlihat mendampingi Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Palestina. Bantuan dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Prabowo mengatakan pihaknya terus berkoordinasi untuk memperlancar bantuan tersebut hingga sampai ke Gaza. "Kita terus koordinasi, saya undang Duta Besar Mesir sama Palestina untuk koordinasi bantuan-bantuan selanjutnya," kata Prabowo kepada wartawan di lokasi.

Prabowo membuka seluruh rumah sakit TNI untuk pasien-pasien dari Gaza. Hal ini juga telah ia koordinasikan dengan Dubes Palestina untuk Indonesia.

"Ini sudah kita sampaikan, karena itu kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, utama Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kita evakuasi," sambungnya.

Selain itu, Prabowo menyebut, akan berkoordinasi dengan pihak Mesir untuk mengirim kapal rumah sakit. Dia mengatakan pihaknya akan terus bersiaga memberi bantuan yang diberikan. "TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo