TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dewan: Penanganan Banjir Tanggung Jawab Lintas OPD

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 09 November 2023 | 07:50 WIB
ANGGOTA KOMISI IV DPRD Kota Tangsel, Julham Firdaus.
ANGGOTA KOMISI IV DPRD Kota Tangsel, Julham Firdaus.

SETU -Komisi IV DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengingatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel guna mengantisipasi banjir pada musim hujan nanti. Hal ini supaya bila nantinya terjadi banjir tidak akan begitu parah.

 Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Julham Firdaus mengatakan, antisipasi harus dilakukan dengan sangat maksima guna meminimalisir korban dan juga dampak banjir.

 “Sudah dibuat pola pengawasan, pola pengendalian, pola evakuasi, pola solusi, dan pola-pola lainnya agar antisipasi dan fasilitasi bisa berjalan dengan baik. Jadi sekarang tinggal menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya ditemui di Gedung DPRD Kota Tangsel, Rabu (8/11).

 Ia menerangkan, persoalan banjir saat ini juga tidak hanya menjadi tanggung jawab Organisai Perangkat Daerah (OPD) yang menangani bencana saja, tetapi juga tanggung jawab lintas OPD.

 “Dalam pelaksanaan antisipasi banjir ini juga jangan hanya mengandalkan satu OPD saja, tetapi juga ini jadi tanggung jawab lintas OPD, dan harus hadir dalam penanganannya,” paparnya.

 Julham juga menegaskan, persoalan banjir di Kota Tangsel juga, tidak hanya harus dialkuka antisipasi, tetapi juga harus dicegah.

 “Kota Tangsel ini sudah masuk 15 tahun, jadi rasa-rasanya jangan hanya antisipasi, tetpai juga harus dicegah dan tidak boleh ada banjir lagi,” tegasnya.

 Data dari BPBD Kota Tangsel, Kecamatan Pondok Aren menempati urutan pertama dengan jumlah warga terdampak sebanyak 1.300, diikuti Kecamatan Serpong Utara dengan jumlah 1.132 warga dan diurutan ketiga Kecamatan Ciputat dengan jumlah warga terdampak sebanyak 1.090 warga.

 Selain itu ada juga Kecamatan Pamulang dengan warga terdampak mencapai 440 dan Kecamatan Ciputat Timur mencapai 230 warga terdampak.

 Kebanjiran yang terjadi di seluruh wilayah Kota Tangsel dipicu karena hujan dengan intensitas sedang hingga deras sehingga drainase tidak dapat menampung debit air yang masuk.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo