TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dua Anak Buahnya Pro-Anies, Giring Mana Suaranya

Oleh: US/AY
Jumat, 29 Juli 2022 | 10:13 WIB
Ketua Umum PSI Giring Ganesha. (Ist)
Ketua Umum PSI Giring Ganesha. (Ist)

JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang saat ini dipimpin Giring Ganesha mulai tidak kompak. Dua kadernya sudah terang-terangan pro ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Padahal selama ini, Giring dan PSI paling getol menyerang Anies. Warganet pun penasaran: Giring mana suaranya nih...

Kader PSI yang menyatakan duku­ngannya pada Anies sebagai capres 2024 adalah Surya Tjandra. Meskipun bukan petinggi di PSI, tapi Surya bukanlah kader kaleng-kaleng. Pria berlatar belakang pengacara itu, adalah mantan Wakil Menteri ATR/BPN.

Dukungan Surya kepada Anies disampaikan dalam diskusi Total Politik yang tayang secara daring di YouTube kemarin. Ada alasan kuat, kenapa dia menjagokan Anies ketimbang nama-nama lain yang muncul dalam bursa capres belakangan ini. Beberapa faktor yang menguatkan sikap politiknya itu didapat ketika berkolaborasi dengan Anies dalam urusan pertanahan di DKI Jakarta, saat dirinya masih menjadi Wamen ATR/BPN.

Menurutnya, kinerja Anies yang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu, jempolan. Sehingga layak naik kelas dari DKI 1 menuju Indonesia 1.

“Dari pilihan-pilihan yang ada, memang kalau saya pribadi, saya ngerasa Pak Anies,” ucap Surya Tjandra, yang sontak bikin host Total Politik tampak kaget.

Ia memastikan, dukungannya terhadap Anies itu bukan tanpa dasar. Sosok yang juga karib disapa Surtjan ini siap memaparkan faktor-faktor apa saja secara detil yang melatar belakangi kenapa Anies layak didukung maju sebagai presiden.

“Saya merasa memang beliau yang paling cocok yang bisa melakukan apa yang bisa dikerjakan,” terang dia. Ia bahkan tak segan-segan mengaku siap jika diminta Anies menjadi bagian dari tim pemenangannya di Pilpres 2024 mendatang.

“Pak Anies ini perlu tim yang kuat, yang bisa kerja, bisa memberi perspektif. Karena kan banyak, nanti akan jadi plural dukungannya,” tuturnya.

Untuk diketahui, sebelum Surtjan, kader PSI lain yang sudah lebih dulu menyatakan dukungannya terhadap Anies adalah Sunny Tanuwidjaja. Dukungan Sunny ke Anies tentu saja bikin heboh. Selain sebagai salah satu pendiri PSI, Sunny selama ini dikenal sebagai eks Staf khusus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Terkait sikap politiknya itu, Sunny memilih hengkang dari PSI.

Bagaimana tanggapan PSI terkait dukungan kadernya ke Anies ini? Hingga semalam, Giring selaku bos PSI belum memberikan jawaban soal sikap 2 itu. Tanggapan partai diwakili Jubir PSI, Ariyo Bimmo. Dia menghormati sikap politik Surtjan yang berbeda dengan partai. Menurutnya, perbedaan pendapat merupakan hal wajar dalam demokrasi. Lagipula, pernyataan Surtjan itu belum pernah disampaikan di internal partai.

“Intinya bang Surtjan, itu sahabat kami. Salah satu kader PSI terbaik. Dia tahu nilai-nilai perjuangan PSI itu apa, kita tunggu perkembangan selanjutnya,” kata Bimmo, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Soal pencapresan, kata dia, PSI masih fokus pada keputusan yang akan diambil dalam rembuk rakyat. Sejauh ini, sudah ada 9 nama yang kelak bakal diusung PSI sebagai capres 2024. Dari 9 bakal capres itu, tidak ada nama Anies Baswedan.

“Kita tunggu saja perkembangannya. Siapa yang nanti akan diputuskan dari 9 nama itu,” tegasnya.

Di dunia maya, dukungan Surtjan ke Anies itu jadi obrolan hangat warganet. Akun @Ami2475 langsung memention akun Twitter milik Giring, soal sikap kadernya yang dukung Anies. “Lho kak Surya Tjandra ini kan kader @psi_id. Jadi gimana nih penjelasannya Kak @Giring_Ganesha?” tanyanya. “Ketum Giring mana nih suaranya,” timpal @wargalangitan.

Loyalis Anies, Maudy Asmara juga ikut meledek Giring karena ditinggalkan kadernya. “Kader PSI blak-blakan dukung Anies. Alasannya bikin Giring makin ‘miring’,” cuitnya lewat akun @Mdy_Asmara1701. “Semua akan Anies Pada waktunya,” cuit @bachtiarihsanov. “Sudah wajar Anies dapat dukungan dari para manusia dan punya otak,” timpal @Pakamkalam.

Akun lain khawatir, melihat kader PSI yang mulai satu persatu berubah haluan. “Saya khawatir lama-lama PSI tinggal Grace dan Giring doang,” tulis @zr0n. “Bertiga ama Guntur Romli,” canda @Reiza_Patters. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo