TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Caleg Pembela Orang Miskin

Oleh: Kiki Iswara Darmayana
Sabtu, 18 November 2023 | 06:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Sebentar lagi tahapan Pemilu akan memasuki masa kampanye. Di sinilah, para Caleg (calon anggota legislatif) DPR dan DPRD akan menawarkan janji-janji kepada rakyat.

Pada kampanye Pemilu lalu, banyak Caleg berjanji akan berjuang menaik­kan taraf hidup rakyat miskin di daerah pemilihan (Dapil)-nya. Janji memper­baiki jalan kampung, menyediakan sarana air bersih hingga merenovasi kantor-kantor RW. Banyak pula yang berjanji, memperjuangkan beasiswa hingga jenjang perguruan tinggi, untuk anak-anak orang miskin. Tapi janji-janji manis itu sebagian besar tak per­nah jadi kenyataan. Bahkan, tak sedikit Caleg, setelah terpilih, tidak menyapa lagi orang-orang yang memilihnya.

Tak sedikit pula, Caleg yang baru datang lagi ke Dapilnya beberapa bu­lan menjelang Pemilu untuk merayu warga agar memilih dia lagi.

Oleh karena itu, ke depan ini, mas­yarakat mesti jeli melihat rekam jejak para Caleg. Kalau tak pernah memper­juangkan nasib rakyat kecil, buat apa dipilih. Caleg petahana yang tak pernah turun ke Dapil, jangan dipilih lagi.

Pemilu 2024 akan sangat menen­tukan nasib bangsa ini ke depan. Kita berharap, Caleg yang terpilih menjadi anggota DPR atau DPRD adalah orang-orang yang pro rakyat kecil.

Kondisi ekonomi global yang makin tak menentu akibat memanasnya kon­flik Rusia-Ukraina dan Palestina-Israel sewaktu-waktu bisa menekan ekonomi Indonesia. Hanya orang-orang dengan integritas tinggi dan peduli rakyat miskin, yang bisa membantu menyela­matkan negeri ini dari terjangan badai krisis global.

Anggota legislatif yang kompeten dan punya integritas tinggi pasti akan mengawal dan mengawasi program-program pemerintah terkait ekspor non migas, peningkatan produksi beras dan perbaikan taraf hidup rakyat miskin.

Kalau ada program-program yang melenceng, anggota legislatif bisa segera meluruskan. Di masa-masa ekonomi Indonesia menghadapi tekan­an yang sangat berat, peran anggota legislatif untuk mencegah kebocoran anggaran, sangat diharapkan.

Oleh karena itu, sekali lagi, supaya ekonomi negeri ini bisa selamat dan rakyat di level paling bawah bisa naik kelas, masyarakat mesti cermat dalam memilih Caleg pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Sebab, kalau salah pilih, rakyat miskin hidupnya akan semakin menderita. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo