TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Keren, Jersey Lionel Messi Mau Dilelang Rp 150 Miliar

Laporan: Gema
Kamis, 23 November 2023 | 06:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

ARGENTINA - Lionel Messi kembali jadi buah bibir. Kali ini, ada kabar jersey yang dipakai pria berjuluk La Pulga di Piala Dunia 2022 lalu bakal dilelang. Jersey bersejarah itu pun diprediksi bakal laku di atas Rp150 miliar.

Messi tampil brilian di laga final Piala Dunia 2022 lalu kala membawa Timnas Argentina mengandaskan Prancis lewat drama adu penalti. La Pulga mencetak dua gol di waktu normal dan satu di adu penalti.

Messi tercatat menciptakan tujuh gol dan tiga assist di sepanjang turnamen yang dihelat di Qatar tersebut. Selain membawa timnya juara, Messi juga meraih penghargaan pemain terbaik turnamen dengan trofi bola emas.

Gelar juara Piala Dunia 2022 ini sekaligus melengkapi koleksi trofi di sepanjang karier Messi. Bisa dibilang, ia kini sudah mendapatkan segalanya di dunia sepak bola.

Rupanya, jersey yang dipakai Messi di Piala Dunia 2022 tersebut kini bakal dilelang untuk umum. Rencana ini diumumkan oleh rumah lelang New York, Sotheby’s, pada Senin (20/11/2023) waktu setempat.

Terdapat enam jersey Messi yang bakal dilelang. Enam jersey ini terdiri dari jersey yang dipakai Messi di babak pertama dari dua laga fase grup, satu laga 16 besar, satu laga perempat final, satu laga semifinal, dan final.

Pihak Sotheby’s membuka lelang ini dari 30 November hingga 14 Desember 2023 mendatang. Pameran untuk umum pun juga akan digelar di New York selaam periode tersebut.

Sotheby’s memprediksi bahwa koleksi jersey Messi tersebut akan terjual di angka lebih dari 10 juta dolar amerika atau setara dengan kurang lebih Rp154 miliar.

Sotheby’s menyatakan bahwa sebagian dari hasil lelang jersey Messi ini bakal disumbangkan kepada UNICAS Project, sebuah proyek dari Rumah Sakit Anak Sant Joan de Deu di Barcelona yang didukung oleh yayasan milik Messi.

Sumbangan ini nantinya bakal diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dari anak-anak yang mengalami penyakit langka.

Jika benar terjual dengan nilai tersebut, maka koleksi jersey Messi di Piala Dunia 2022 akan memecahkan rekor memorabilia olahraga termahal yang saat ini dipegang oleh jersey final NBA 1998 milik Michael Jordan yang pada September 2022 lalu terjual senilai 10,1 juta dolar Amerika di New York.

Sementara itu, rekor penjualan memorabilia sepak bola termahal di dunia sampai saat ini masih dipegang oleh jersey yang dipakai Diego Armando Maradona dalam laga perempat final Piala Dunia 1986 Argentina vs Inggris.

Pada laga tersebut, Maradona mencetak gol memakai tangannya yang dikenal sebagai ‘Gol Tangan Tuhan’. Jersey tersebut laku di Sotheby’s London pada Mei 2022 lalu senilai 9,3 juta dolar Amerika.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo