TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Survei Voxpopuli: Prabowo-Gibran Berpotensi Menang Satu Putaran

Laporan: AY
Kamis, 23 November 2023 | 16:14 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal berlaga pada pemilihan presiden 2024. Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran.

Pada simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran menembus 51,4 persen, jauh meninggalkan Ganjar-Mahfud (24,3 persen) dan Anies-Muhaimin (16,6 persen). Dengan capaian salah satu kandidat lebih dari 50 persen, diprediksi Pilpres tidak akan sampai dua putaran.

“Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran pada Pilpres 2024 mendatang,” ungkap Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, pada Kamis (23/11/2023).

Menurut Achmad, terjadi lonjakan signifikan elektabilitas Prabowo Subianto ketika dipasangkan dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Pada survei bulan September 2023, elektabilitas Prabowo belum mencapai 40 persen pada simulasi tiga nama capres.

“Masuknya nama Gibran sebagai cawapres mendongkrak elektabilitas Prabowo hingga mendapat tambahan hampir 15 persen dalam simulasi pasangan capres-cawapres,” tandas Achmad. Sebaliknya dengan Ganjar dan Anies, terjadi penurunan yang cukup signifikan.

“Ketika dipasangkan dengan cawapres masing-masing, elektabilitas pasangan tersebut justru menyusut dan kembali seperti pada elektabilitas capres pada simulasi banyak nama dalam survei bulan September 2023,” lanjut Achmad.

Kehadiran Gibran dalam arena Pilpres 2024 menjadi game changer yang mengubah konstelasi pencapresan.

“Sebelumnya Prabowo dan Ganjar bersaing cukup ketat, hingga kemungkinan Pilpres harus berlangsung dalam dua putaran,” jelas Achmad.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 9-15 November 2023, kepada 1200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo