TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dapil Banten I

Adde Rosi-Iti Jayabaya Ikutan Mengadu Nasib

Laporan: AY
Rabu, 29 November 2023 | 09:27 WIB
Politisi Golkar Adde Rosi. Foto : Ist
Politisi Golkar Adde Rosi. Foto : Ist

PANDEGLANG - Persaingan ketat bakal terjadi di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten I. Dapil yang mencakup wilayah Lebak dan Pandeglang ini ditaburi sejumlah nama beken dan warga lokal.

Ada enam kursi yang akan diperebutkan para caleg di dapil ini. Pada Pemilu 2019, enam kursi diisi oleh Ali Zamroni dari Gerindra, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya dari PDIP, Adde Rosi Khoerunnisa dari Golkar, Achmad Dimyati Natakusumah dari PKS, Iip Miftahul Choiri PPP, dan Rizki Aulia Rahman Natakusumah dari Demokrat.

Keenam nama ini dipastikan akan kembali mengadu nasib di Tanah Jawara itu. Mereka akan mempertahankan kursi Senayan dengan melawan penantang baru yang juga cukup familiar namanya.

Misalnya, Demokrat. Selain calonkan Rizki Natakusumah, mereka juga memasang Andi Arief. Ketua DPP Demokrat ini disinyalir dapat mengiris perolehan suara Rizki.  

Selain itu, Demokrat juga memasang nama Iti Octavia Jayabaya. Mantan Bupati Lebak ini juga berpeluang bisa masuk ke Senayan.

Sebab, Iti merupakan warga pribumi dan lahir dari keluarga Jayabaya.

Selain Iti, masih ada empat muka baru asli pribumi. Yakni Neng Siti Julaiha yang saat ini menjabat anggota DPRD Banten, sekaligus Ketua DPC PPP Lebak. Lalu ada Arief Rahman. Pria kelahiran Pandeglang ini merupakan Staf Ahli Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Arif mencoba keberuntungannya nyaleg DPR melalui NasDem.

Berikutnya Bonnie Triyana. Dikenal sebagai seorang sejarawan, Bonie lahir di Kecamatan Rangkasbitung, Lebak. Kehadiran Bonnie akan mewarnai persaingan di Dapil Banten I.

Sedangkan nama terakhir tidak kalah moncer dari kandidat yang di atas, yaitu Anda Suhanda. Anda merupakan politisi kelahiran Pandeglang. Saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Banten Fraksi Gerindra. Ia memutuskan untuk maju menjadi caleg DPR pada Pemilu 2024.

Caleg Demokrat, Andi Arief mengaku, dirinya memiliki startegi khusus untuk mendulang suara. Khususnya suara anak muda. Andi akan mengadopsi gaya kampanye anak muda kekinian.

“Sosialisasi saya menggunakan medsos,” kata Andi kepada Redaksi, Selasa (28/11/2023).

Selain itu, Andi menegaskan, Demokrat pasang target dua kursi dari dapil Banten I. “Kami menargetkan 2 kursi di dapil ini. Konsepnya bersatu dan bukan bersaing di internal. Kami punya hitungan kemungkinan 2 kursi,” klaim dia.

Terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, persaingan ketat bakal terjadi di Dapil Banten I. Menurut dia, para calegnya bukan kaleng-kaleng. Mulai dari tokoh partai sampai mantan Bupati.

“Semua caleg harus mencari cara bisa menarik suara di tengah persaingan yang ketat ini,” tukasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo