TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dorong Warga Terapkan Pola Hidup Sehat, Tangsel Raih Penghargaan STBM Award 2023

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 29 November 2023 | 18:56 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) kembali meraih prestasi. Terbaru, wilayah termuda se-Provinsi Banten ini baru saja mendulang penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2023 dalam ajang yang dihelat oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kota Tangsel mendapat penghargaan dengan kategori STBM Pratama Ketiga. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, pada malam penganugerahan yang berlangsung di bilangan Jakarta, Selasa (28/11/2023) malam. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengungkapkan, awalnya tak menyangka bisa mendapat penghargaan ini.

Menurutnya, torehan ini merupakan buah hasil atas upaya Pemkot Tangsel untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat kepada warganya. 

"Alhamdulillah saya tidak menduga bahwa program Pemkot Tangsel mendapat apresiasi setinggi itu. Dan ini menjadi pemicu untuk melanjutkan dan meningkatkan program tersebut di tahun yang akan datang," ujar Benyamin, Rabu (29/11/2023). 

Penghargaan ini, kata Benyamin, diberikan atas penilaian yang diambil dari berbagai macam kriteria. 

"Bukan hanya septic tank komunal saja. Itu akan menjadi catatan dan perhatian bagi saya di tahun ke depan," imbuhnya. 

Benyamin berharap agar prestasi ini dapat menjadi semangat baru bagi Pemkot Tangsel, supaya dapat lebih menggencarkan program serupa pada tahun selanjutnya. 

Lebih dari itu, program ini semata-mata bertujuan untuk menanamkan budaya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat. 

"Ukurannya adalah meningkatnya angka harapan hidup masyarakat. Dari situ turunannya atau di-breakdown pilar penopangnya, salah satunya adalah PHBS. Salah satu faktornya adalah tidak buang air sembarangan, kemudian biasa mencuci tangan, penanaman pohon. Jadi ini akan menjadi rangkaian program ke depannya yang harus kita lakukan. Tapi tidak hanya pemerintah saja, tapi melibatkan seluruh komponen masyarakat," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo