TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hujan Deras, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Tetap Waspada!

Laporan: Gema
Senin, 04 Desember 2023 | 19:48 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, mengimbau kepada seluruh warganya agar tetap waspada dan menyiapkan diri apabila terjadi bencana, mengingat saat ini tengah memasuki musim penghujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan, menjelaskan bahwa pada saat ini diperkirakan akan terjadi hujan dalam intensitas yang sedang maupun tinggi di beberapa wilayah, termasuk Kota Tangerang.

“Secara umum, wilayah Jabodetabek sudah mulai memasuki awal musim penghujan. Hujan dapat terjadi pada malam, dini hari, bahkan di pagi hari dengan intensitas ringan hingga sedang,” kata Maryono, Senin (4/12/2023).

Maka dari itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya Kota Tangerang, agar melakukan pencegahan dan meminimalisasi dampak dari perubahan cuaca.

“Ada baiknya, masyarakat juga ikut mengupayakan pembersihan saluran air dan drainase. Sedangkan pembersihan tandon, embung, kali atau sungai bisa melakukan pengaduan atau permohonan pembersihan ke petugas DPUPR, BPBD atau informasikan ke wilayah,” jelasnya.

Maryono meminta kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, dan mulai membersihkan lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi banjir dan hal-hal yang tak diinginkan ke depannya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk tidak berada di luar ruangan ketika terjadi hujan yang disertai angin kencang.

“Diimbau untuk tidak berteduh di bawah pohon atau reklame, upayakan berteduh ditempat yang aman, dan selalu berkonsentrasi dan berhati-hati secara penuh saat berkendara,” imbaunya.

BPBD Kota Tangerang juga telah menyiapkan 8 Posko Bencana di wilayahnya, yaitu di Kantor BPBD Kota Tangerang, UPT Ciledug, UPT Cibodas, UPT Batuceper, UPT Periuk, Pos Benda, Pos Pinang, dan Pos Keroncong.

Persiapan ini merupakan upaya dari pihak BPBD Kota Tangerang dalam memberikan pelayanan dan respons yang cepat kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Langkah ini diambil, sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana di Kota Tangerang, untuk dapat ditangani dengan sigap siaga. Posko Bencana aktif 24 jam, petugas juga akan fokus pada situasi daerah rawan bencana,” tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo