TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kenang Jasa Tokoh Pendiri, Kecamatan Pondok Aren Rayakan Hari Jadinya di Bulan Ini

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 07 Desember 2023 | 20:51 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PONDOK AREN - Kecamatan Pondok Aren sebentar lagi akan memperingati hari jadinya pada 9-10 Desember 2023 mendatang.

Peringatan ini menjadi perayaan perdana, selama Pondok Aren berdiri berpuluh-puluh tahun lamanya. 

Penggagasnya, tak lain dan tak bukan adalah sosok Camat yang dikenal dekat dengan masyarakatnya, yakni Hendra. 

Menurut Hendra, peringatan hati jadi wilayahnya ini tak ubahnya menjadi bentuk rasa syukur sekaligus juga mengenang jasa para tokoh masyarakat pendiri Kecamatan Pondok Aren. 

Ia menceritakan, hal ini diinisiasi lantaran selama berpuluh-puluh tahun hanya Kecamatan Pondok Aren yang tak pernah merayakan hari jadinya. 

Atas hal itu, Hendra menyambangi sejumlah tokoh masyarakat dan pelaku sejarah untuk menelusuri perjalanan wilayah yang Ia pimpin saat ini. 

"Ceritanya karena di seluruh kecamatan saya melihat semua merayakan. Mereka tahu tanggal dan segala macamnya. Tapi hanya di Pondok Aren yang belum pernah merayakan itu. Akhirnya saya berusaha cari tahu dan dpat tahunnya, tahun 1981," ungkap Hendra kepada awak media, dikutip pada Kamis (7/12/2023). 

Namun hingga kini, Ia belum mendapat informasi yang pasti perihal tanggal dan bulan berdirinya Kecamatan Pondok Aren. Pasalnya, banyak tokoh yang berperan telah tutup usia. Termasuk orang tuanya sendiri yang menjadi aktor dalam pemekaran Kecamatan Pondok Aren kala itu. 

"Saat ini masih dalam penjajakan, karena kan kita harus tentukan mengacunya ke mana. Hanya sebatas informasi dari pelaku sejarah. Sedangkan orang yang berjasa dalam pemekaran Pondok Aren ini sudah banyak yang meninggal. Termasuk orang tua saya sendiri sudah tidak ada," tutur Hendra. 

Oleh karena itu, lanjut Hendra, hajat ini didedikasikan penuh kepada para tokoh pendiri. Agar masyarakat mengetahui, dan menghormati tapak sejarah yang pernah ada di wilayahnya tersebut. 

"Ini dibentuk untuk mengharagai jasa para pendiri supaya ke depannya jadi memang orang tahu bahwa Pondok Aren ini usianya sudah 42 tahun hari ini. Memang kalau tidak diinisiasi sampai kapan pun tidak akan ada," katanya. 

Maka dari itu, pada momen ini Hendra mengajak seluruh warga Pondok Aren untuk melakukan doa bersama dan ikut memeriahkan sederet rangkaian acara yang akan dihelat selama dua hari tersebut. 

"Nanti kita berdoa bersama. Pada hari Minggunya di kecamatan ada senam massal. Lalu subuhnya di Al-Quraniyah mengundang sekaligus tasyakuran, potong tumpeng berdoa untuk Pondok Aren lalu kita ke kecamatan. Senam ingin melibatkan sebanyak banyaknya warga," ujar Hendra.

Selain itu, lanjut Hendra, momen perayaan ini juga turut dimeriahkan oleh berbagai perlombaan dan kegiatan hiburan yang diisi oleh artis, baik lokal maupun juga artis papan atas. 

"Selain senam, Sabtu kita ada tasyakuran, mengundang para tokoh. Setelah itu ada berbagai macam lomba, mewarnai, qasidah, dan lainnya. Minggu senam bersama, doorprize, terus siangnya rangkaiannya banyak, sama baazar UMKM, malamnya ada juga El-Corona. Selain celebrity fitness kita hadirkan seniman, ada juga Ica KDI," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo