TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pentingnya Pemahanan Ideologi Pancasila Ke Pelajar

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 14 Desember 2023 | 07:40 WIB
Pelajar SMAN 8 Kota Tangsel llakukan kunjugan dan ikuti kuliah umum di UMJ, Rabu (13/12).(Dra)
Pelajar SMAN 8 Kota Tangsel llakukan kunjugan dan ikuti kuliah umum di UMJ, Rabu (13/12).(Dra)

CIPUTAT TIMUR -Sebanyak 239 pelajar SMAN 8 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rabu (13/12). Ratusan pelajar itu juga mendapatkan pembekalan ilmu dari Rektor UMJ, Ma’mun Murod.

 Para pelajar mengikuti kuliah umum yang diisi langsung oleh Rektor UMJ, dengan mengangkat tema ‘Pemahaman Ideologi Pancasila kepada Para Pelajar’.

 Ma’mun Murod mengatakan, ideologi Pancasila harus tumbuh dari sekolah, di mana setiap siswa merupakan cikal bakal calon pemimpin di masa depan.

 “Sebagai seorang pemimpin sudah sepantasnya terus meningkatkan kapasitas menjadi insan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Tentu semua itu akan didapat melalui pendidikan yang baik,” ungkap Ma’mun.

 Sementara, Dosen FH UMJ, Merdiansa Paputungan  sebagai narasumber di acara itu menjelaskan tentang ideologi Pancasila bukan hanya sekadar lima sila yang dihafalkan, tetapi sebagai sumber nilai dalam sikap dan tindakan.

 “Tugas generasi milenial dan gen-z adalah menjadikan nilai-nilai itu relevan dengan zamannya. Sebagai contoh yaitu sopan santun yang merupakan implementasi dari nilai pancasila tersebut,” ungkapnya.

 Taufik Ibnu sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kemahasiswaan mengatakan, bahwa banyak lulusan dari SMAN 8 Tangsel yang merupakan mahasiswa berprestasi di UMJ.

 Dosen sekaligus alumni FH UMJ, Tubagus Heru Dharmawijaya menegaskan, lulusan PTS tidak kalah dengan lulusan PTN, karena yang bersaing bukan hanya almamater melainkan kepintaran dan kemampuan daya pikir.

 “Yang dituntut dalam dunia pekerjaan adalah softskill di antaranya yang berkaitan dengan public speaking dan leadership. Lulusan FH tidak terbatas hanya sebagai lawyer, semua elemen pekerjaan pasti membutuhkan sarjana hukum,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo