TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tampung Usulan RT/RW, Kecamatan Pamulang Gelar Pra Musrenbang di 8 Kelurahan

Laporan: Redaksi
Kamis, 14 Desember 2023 | 19:01 WIB
Camat Pamulang Mukroni saat mengadiri kegiatan Pra Musrenbang di Kelurahan. (Dok.Kecamatan Pamulang)
Camat Pamulang Mukroni saat mengadiri kegiatan Pra Musrenbang di Kelurahan. (Dok.Kecamatan Pamulang)

PAMULANG, Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan melalui Kasi Pemerintahan menyelenggarakan pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di 8 Kelurahan beberapa hari yang lalu.

Turut hadir dalam acara Camat Pamulang Mukroni dan Kasi Pemerintahan Kota Tangsel, Darwin Sopian, para pengurus RT/RW dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Mukroni menyampaikan tujuan diadakan kegiatan pra Musrenbang sebagai wadah untuk rencana usulan pada tingkat Kelurahan. Tentu dengan hadirnya Pra Musrembang pengurus lingkungan dapat merumuskan kebutuhan yang ada di lingkungan.

“Sebelum dilakukan Musrenbang tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kota, dilakukan pra terlebih dahulu dengan tujuan pembangunan di wilayah sesuai dengan skala prioritas,” ujarnya.

Dengan diadakannya Pra Musrenbang pembangunan akan lebih optimal. Sehingga pemerataan dapat berjalan dengan baik. Semata-mata pembangunan yang telah, sedang dan akan dikembangkan untuk masyarakat Kota Tangsel, baik pada aspek infrastruktur, aspek kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

“Musrenbang Kelurahan ini adalah forum dialog warga untuk menyampaikan tiap usulan- usulan perencanaan pembangunan di saat gelar Musrenbang nanti. Momen ini sangat penting guna mendengar segala aspirasi warga untuk merencanakan pembangunan apa saja yang dibutuhkan,” tambahnya.

Pra musrenbang ini pada prinsipnya akan semaksimal mungkin mengupayakan apa yang menjadi skala prioritas dan dibutuhkan masyarakat sehingga pembangunan akan lebih tepat sasaran baik di bidang fisik, kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Pamulang, Darwin Sopian, saat Pra Musrenbang di Kelurahan. (Dok. Kecamatan Pamulang)

Hal yang sama disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pamulang, Darwin Sopian, Pra Musrenbang tujuannya untuk menghimpun persiapan usulan- usulan pengajuan warga melalui ketua RT dan RW setempat, untuk menuju dari Pra- Musrenbang ke kegiatan Musrenbang nanti. Dirinya berharap agar semua usulan, baik pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat dapat diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan wilayah Pamulang Barat.

“Pihak terkait akan menampung usulan dari berbagai elemen seperti RT, RW, Kader PKK, Posyandu, dan Karang Taruna. Namun, penting untuk mencocokkan usulan dengan alokasi anggaran yang tersedia serta memastikan bahwa usulan tersebut tidak hanya tertuju pada forum Musrenbang, melainkan juga dapat terintegrasikan dengan instansi terkait untuk maksimalnya manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya saat ditemui pada Kamis (14/12/2023).

Darwin menambahkan, bahwa partisipasi dalam Musrenbang ini harus dimanfaatkan secara optimal agar usulan-usulan dari berbagai elemen masyarakat sehingga dapat menjadi nyata dan memberikan dampak positif bagi pembangunan wilayah mereka. Lebih dari itu, wilayah akan tertata dengan rapi dan nyaman untuk masyarakat. Sehingga berdampak pada kesehatan, karena udara bersih, lingkungan bersih dan sebagainya.

“Kalau lingkungan tertata dengan rapi, bersih maka suasana menjadi asri, masyarakatnya juga menjadi sehat. Oleh karenanya sangat penting pembangunan dan penataan lingkungan yang diusulkan oleh para pengurus RT dan RW melalui acara seperti ini,” tutupnya. (Adv)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo