TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemkot Tangsel Sabet 2 Penghargaan Hasil Survei Indeks BerAKHLAK 2023

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 14 Desember 2023 | 20:28 WIB
Pemkot Tangsel Sabet 2 Penghargaan Hasil Survei Indeks BerAKHLAK 2023. (tangselpos.id/rmn)
Pemkot Tangsel Sabet 2 Penghargaan Hasil Survei Indeks BerAKHLAK 2023. (tangselpos.id/rmn)

JAKARTA, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali mencatat prestasi. Kali ini berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus atas hasil Survei Indeks BerAKHLAK 2023.

Penghargaan tersebut diraih dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Kota termuda se-Banten ini berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Predikat The Biggest Improvement of Indeks BerAKHLAK, dan The Highest Score of Indeks BerAKHLAK 2023.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PAN&RB, Abdullah Azwar Anas berpesan, agar instansi pemerintah yang telah berhasil meraih penghargaan pada tahun ini dapat menjadi teladan bagi instansi pemerintah lainnya.

"Harapannya ini mengarah pada upaya bersama untuk memajukan pembangunan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui ASN yang berAKHLAK," ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo menyampaikan, prestasi yang membanggakan ini mampu dicapai tanpa adanya upaya yang terus dilakukan. Terutama oleh orang nomor 1 se-Tangsel, Benyamin Davnie dan wakilnya, Pilar Saga Ichsan.

"Yang senantiasa mengingatkan para ASN di setiap kegiatan akan pentingnya penguatan budaya kerja BerAhlak dan menjadikanya sebagai 'Top of Mind' atau pedoman perilaku bagi ASN dan sebagai akar dari budaya kerja yang solid bagi setiap ASN di Tangerang Selatan," ungkap Bambang.

Hal tersebut selalu diwanti-wanti agar tugas dan fungsi sebagai pelayanan publik dapat dilakukan dengan baik dan profesional.

"Sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju birokrasi berkelas dunia. Beberapa bentuk kegiatan Budaya Kerja BerAkhlak yang telah dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan, antara lain penguatan implementasi budaya kerja BerAKHLAK bagi para Kepala Perangkat Daerah dan Sekretaris Pengangkat daerah, para Camat, Sekretaris Camat dan Lurah serta para kepala UPTD se-Kota Tangerang Selatan, penyebarluasan pemasangan banner BarAKHLAK disetiap kantor perangkat daerah, kecamatan, kelurahan, Puskesmas, dan UPTD," paparnya.

Serta juga, lanjut Bambang, mewajibkan setiap perangkat daerah memasang logo BerAKHLAK dan employer branding #Bangga melayani bangsa disetiap acara kegiatan baik dalam bentuk paparan, sambutan, baliho, brosur, banner, spanduk dan lain-lain, terbentuknya Agen Perubahan dimasing-masing Perangkat Daerah yang akan menjadi Role Model sekaligus mensosialisasikan nilai-nilai dasar berAKHLAK ini.

Pada kesempatan lain, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tangsel, Aplahunnajat menambahkan, implementasi Budaya Kerja BerAKHLAK di tempat kerja ini memerlukan usaha dan dedikasi dari seluruh ASN mulai dari staf pelaksana sampai pada level pimpinan perangkat daerah.

"Ketika nilai-nilai dasar ini diterapkan secara konsisten dan berkelanjutan, akan memberikan manfaat besar bagi ASN, masyarakat, dan pemerintah daerah. Masyarakat akan menerima layanan publik yang lebih cepat dan lebih baik, dan organisasi akan menjadi lebih efektif dan efisien dalam memberikan layanan publik yang lebih profesional dan berkualitas," terangnya.

Pada akhirnya, kata dia, diharapkan agar seluruh pimpinan tertinggi pada perangkat daerah dapat menjadi pemimpin perubahan atau Change Leader bagi ASN sekaligus menjadi “Role Model” yang mampu menerapkan panduan perilaku Berakhlak di instansi masing-masing.

Lebih lanjut, Iamenjelaskan bahwa kegiatan Survey Budaya Kerja berAKHLAK telah dilaksanakan pada tgl 21 Agustus - 3 September 2023 dengan cara pengisian kuesioner bagi 550 responden ASN Tangsel terhadap 5 pertanyaan.

Jawaban terhadap 5 pertanyaan tersebut adalah 10 pernyataan sikap yang diurut dari sikap yg paling sesuai sampai yg kurang sesuai, kemudian jawaban dari 550 responden atas 5 pertanyaan dimaksud diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan Indeks budaya BerAKHLAK Kota Tangsel sebesar 78,1% dengan kategori A atau SEHAT.

"Hal tersebut mengandung arti bahwa Nilai-nilai BerAKHLAK sudah sangat erat menjadi bagian dari perilaku kerja sehari-hari dan menjadi ciri khas yang mewakili individu dalam organisasi. Nilai tersebut tertinggi di wilayah barat sehingga mendapat penghargaan the highest score dan terjadi lompatan perolehan nilai tertinggi dari tahun sebelumnya indeks BerAKHLAK Tangsel ; 59,8%. Terjadi kenaikan 18,3 sehingga mendapat penghargaan the biggest improvement Indeks BerAKHLAK 2023," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo