TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bapenda Tangsel Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 14 Desember 2023 | 20:28 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) membentuk tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Kamis (14/12/2023). 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, TP2DD dibentuk agar pihaknya dapat bekerja lebih optimal. Dengan melakukan akselerasi implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

"Serta mendorong terjadinya integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan tata kelola keuangan yang terintegrasi di Kota Tangerang Selatan," ujar Benyamin. 

Melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Pemkot Tangsel telah memetakan gambaran permasalahan, langkah yang harus dilakukan, dan tahapan-tahapan yang harus dicapai baik pada kegiatan transaksi belanja daerah maupun pendapatan daerah.

"Serta pada pembayaran masyarakat secara nontunai yang berbasis digital," imbuhnya. 

Perkembangan penerapan teknologi informasi dan ekonomi digital, menurutnya saat ini berjalan dengan sangat pesat. Pemanfaatan teknologi tersebut hampir selalu ada di dalam kehidupan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat Kota Tangsel yang mayoritas merupakan masyarakat urban.

"Penggunaan teknologi digital bukanlah suatu hal yang baru bagi pemerintah kota tangerang selatan sebagai kota dengan konsep smart city, di mana sejak awal pemerintahan terbentuk, pemerintah Kota Tangerang Selatan telah banyak menciptakan terobosan-terobosan yang memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari inovasi pelayanan publik, yang diantaranya adalah pengembangan tata kelola keuangan daerah dalam platform aplikasi digital yang sudah dapat digunakan untuk mewujudkan efisiensi, efektivitas, transparan dan akuntabel," terang Benyamin. 

Oleh karena, Ia berharap agar kegiatan ini dapat menghasilkan kebijakan percepatan proses digitalisasi daerah di Kota Tangerang Selatan dapat segera kita wujudkan. 

"Dan juga saya perintahkan kepada para Kepala OPD yang membidangi penerimaan pajak dan retribusi agar dapat meningkatkan penerimaan retribusi sesuai dengan target RPJMD," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo