TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
PERINGATAN HARI IBU 2023

Mengenal Wanita Hebat di Balik Bengkel Motor Honda AHASS

Oleh: Redaksi
Jumat, 22 Desember 2023 | 13:39 WIB
Mpok Siti sedang memberi arahan karyawan di bengkel yang dipimpinnya.(Ist).
Mpok Siti sedang memberi arahan karyawan di bengkel yang dipimpinnya.(Ist).

SERPONG-Di Indonesia, setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Momen ini menjadi kesempatan untuk meresapi peran wanita di berbagai sektor yang turut menggerakkan perekonomian bangsa.

Di sektor otomotif yang didominasi oleh kaum Adam, ada pula kiprah sejumlah wanita yang tak bisa dipandang sebelah mata. Lebih spesifik, wanita yang bekerja di jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). 

Dua sosok yang cukup layak menjadi role model wanita hebat di bengkel AHASS adalah Siti Fatimah dan Gea April Yuliyana. Seperti apa perjalanan karier mereka di bengkel AHASS? 

Siti Fatimah adalah seorang Kepala Bengkel AHASS Lumintu Motor 17633 dan Person in Charge (PIC) AHASS Mantab Sejahtera Cibubur 01694. Perjalanan karier Mpok Siti, sapaan akrabnya, hingga menjadi Kepala Bengkel penuh lika-liku. Ia mulai bekerja di bengkel AHASS sejak 2003 sebagai mekanik.

“Sebelum bekerja di AHASS, saya menjadi mekanik di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” ungkap wanita kelahiran Bogor, 6 Juli 1985 ini.

Mpok Siti mengakui, bekerja di lingkungan kerja yang lekat dengan pria adalah tantangan besar. “Sebuah tantangan besar yang memaksa kita untuk menyesuaikan. Sebagai wanita, saya harus kuat dan tangguh,” ujarnya.

Tekad kuat Siti tak sekadar di ujung lidah. Namun, ia membuktikannya melalui etos kerja yang baik. “Tekanan kerja, baik verbal maupun nonverbal, dari sesama rekan kerja pernah saya alami. Tapi, saya mencoba melihatnya dari sudut pandang lain, yakni kita harus bisa menyesuaikan diri dengan baik dengan customer ataupun tim,” cerita wanita yang juga memiliki bengkel sendiri di kawasan Tangerang Selatan (Tangsel) ini.

Mpok Siti patut berbangga karena bisa bermanfaat bagi keluarga dan orang sekitar. “Semoga bisa memotivasi wanita yang lainnya bahwa ibu rumah tangga dengan dua orang anak juga bisa berkreasi dan  berinovasi. Tentunya butuh proses panjang yang dilalui,” sambungnya.

Sedangkan, Gea April Yuliyana juga memiliki kesan tersendiri selama lima tahun bekerja di AHASS Kosambi Jaya Motor sebagai seorang Service Advisor (SA).  

”Bagi saya kesannya sangat menantang untuk saya bisa belajar. Apalagi untuk mengetahui bagian-bagian kedalaman mesin di sepeda motor Honda.

Tantangannya juga bagi saya untuk bisa menjelaskan keluhan-keluhan dari konsumen mengenai sepeda motor Honda miliknya,” jelas wanita kelahiran Jakarta, 2 April 2000 ini.

Sementara, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI mengusung tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Maju' dalam peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023. Selain tema utama tersebut, terdapat empat subtema Hari Ibu 2023. Keempat subtema itu ialah 'Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, dan Perempuan dan Revolusi'.

PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, bersama PT Astra Honda Motor (AHM) konsisten mendukung pengembangan kompetensi wanita di manapun mereka bekerja, termasuk di jaringan bengkel AHASS.

“Sesuai tema Hari Ibu tahun ini, kami mendorong wanita Indonesia meningkatkan daya saing sehingga turut andil dalam memajukan Indonesia. Kami memberikan kesempatan yang sama bagi wanita untuk mengikuti berbagai pelatihan atau program-program pemberdayaan lainnya,” tandas Head of Technical Service Department PT WMS, Benedictus F Maharanto.

Foto : Ist
Pos Sebelumnya:
JK Dukung AMIN
Pos Berikutnya:
Pemilu 2024 Semakin Dekat
Foto : Ist
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo