TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tertinggi, Tembus 43,7 Persen

Laporan: AY
Rabu, 27 Desember 2023 | 16:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Hasil Survei Nasional: Peta Pilpres Terkini Pasca Debat Calon Presiden yang dipublikasikan Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang dipublikasikan pada Rabu (27/12/2023), menempatkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres, jika hajatan demokrasi lima tahunan digelar pada hari ini. Elektabilitasnya mencapai 43,7 persen. Jauh mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (26,1 persen) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (19,4 persen).

Ada 6,4 persen yang merahasiakan jagoannya atau belum menentukan pilihan. Sedangkan 4,5 persen lainnya mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

"Ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung," kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Survei CSIS ini dijalankan pada 13-18 Desember 2023, dengan melibatkan 1.300 orang sampel, yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Margin of error survei ini ada di angka +/- 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner, oleh enumerator yang telah mendapatkan pelatihan sebelum survei dimulai.

Kendali mutu dilakukan secara berlapis. Mulai dari proses rekrutmen, pelaksanaan training enumerator, pengumpulan data, spotcheck lapangan, hingga validasi dan verifikasi pasca pengumpulan data (calf-dack).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo