TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cadangan Devisa RI Desember 2023 Tembus Rp 2.273 T

Oleh: Farhan
Senin, 08 Januari 2024 | 11:48 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Desember 2023 tercatat sebesar 146,4 miliar dolar AS atau Rp 2.273 triliun. Jumlah tersebut naik dibandingkan dengan posisi pada akhir November 2023 sebesar 138,1 miliar dolar AS atau Rp 2.144.

“Posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa, serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah,” ujar Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/1/2024).

Menurut dia, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

Ke depan, BI menilai, devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo