TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prediksi Pilpres Dua Putaran, Wacana Koalisi Capres 01 Dengan 03 Makin Santer

Oleh: Farhan
Senin, 15 Januari 2024 | 11:09 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Wacana koalisi kubu Pasangan Calon (Paslon) Presiden-Wakil Presiden Nomor Urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan kubu Paslon Nomor Urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) santer terdengar.
Hal itu muncul seiring prediksi, Pilpres 2024 bakal berlang­sung dua putaran. Komunikasi antar kedua kubu juga hangat dalam beberapa kesempatan.
Anies-Muhaimin misalnya, sempat terlibat perbincangan hangat dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani usai debat ketiga Pilpres 2024. Paslon yang diusung Koalisi Perubahan ini, secara khusus juga memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-51 untuk PDIP, Rabu lalu (10/1/2024).

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mah­fud, Hasto Kristiyanto mengaku, pihaknya terbuka untuk membentuk poros baru dengan kubu AMIN jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran.

Hasto sekaligus merespons intensitas komunikasi Ganjar-Mahfud dengan AMIN dalam beberapa waktu terakhir. "Kami sangat welcome apa yang disampaikan Mbak Puan, dengan salaman dengan Pak Anies. Ini menunjukkan hal yang kontradiktif dengan Pak Prabowo yang tidak mau salaman dengan Pak Anies," kata Hasto di Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024).
Politisi Senior PDIP, Andreas Hugo Pareira menyatakan, pihaknya masih berusaha maksimal untuk menang satu putaran. Tetapi, kata dia, PDIP siap seandainya terjadi putaran kedua.

"Sehingga, kami tetap berkomunikasi dengan semua Paslon. Komunikasi harus tetap dijaga dengan semua pihak. Namun, kami tetap fokus memenangkan Ganjar-Mahfud," ujar Andreas kepada Rakyat Merdeka, Minggu (14/1/2024).
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Usman Tokan menyatakan, pihaknya akan membuka diri kepada Paslon mana pun jika Pilpres terjadi dua putaran. "Ganjar-Mahfud akan masuk ke putaran kedua," tandasnya.

Juru Bicara AMIN, Muhammad Ramli Rahim juga menyatakan, pihaknya terbuka berkoalisi dengan pihak mana pun pada putaran kedua. Karena, menurut dia, situasi masih sangat dinamis, sehingga belum bisa menentukan akan berkoalisi dengan Paslon yang mana pada saat ini.

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Usman Tokan.

Berdasarkan beberapa hasil sur­vei, Pilpres mungkin dua putaran. Lantas, ke mana arah komunikasi politik TPN Ganjar-Mahfud untuk putaran kedua?
Awalnya, TPN Ganjar-Mahfud maupun PPP menargetkan menang satu putaran. Namun, melihat perkembangan saat ini, Pilpres seperti­nya dua putaran.
Karena itu, TPN Ganjar-Mahfud maupun PPP terus menjaga komuni­kasi dengan Paslon 01 dan Paslon 02. Bagi kami, komunikasi politik harus tetap berjalan.

Apa sudah mulai ada pendekatan dengan Paslon lain dan bicara khu­sus tentang putaran kedua?
Intinya, mengenai kemungkinan putaran kedua, kami membuka diri untuk bekerja sama dengan Pasangan Calon mana pun. Baik 01 maupun 02.

Kami percaya, ada Paslon lain yang akan bergabung dengan kami, jika masuk ke putaran kedua.
Kenapa Anda yakin Paslon lain akan bergabung dengan Ganjar- Mahfud?
Kami punya basis massa yang kuat. Selain itu, kami sangat yakin Paslon 03 akan masuk ke putaran kedua.
Kalau dengan partai-partai bagaimana?

Kami memang tidak bisa berjalan sendirian. Misalnya di kota ini PPP berkoalisi dengan Golkar, di tempat lain kami berkoalisi dengan PDIP. Jadi, kami harus menjalin komunikasi dengan semua. Kita berada di lapanganpolitik yang sama.
Fokus saat ini, terus berjuang memenangkan Paslon yang kami usung dan menjaga komunikasi dengankoalisi maupun partai-partai lain.

Apa usaha TPN Ganjar-Mahfud untuk lolos ke putaran kedua?
Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar Paslon 03 masuk ke putaran kedua. Tapi, langkah ini tidak bisa kami ungkapkan. Karena, itu bagian dari strategi.
Anda yakin Ganjar-Mahfud dapat mengalahkan Paslon 01 dan 02?

Kami berusaha maksimal un­tuk memenangkan Ganjar-Mahfud pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo