TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Komunitas Surat Sobek Jaga Bumi Dari Limbah Kertas

Oleh: Mg.1
Jumat, 19 Januari 2024 | 07:05 WIB
WORKSHOP. Komunitas Surat Sobek ketika melaksanakan workshop.(mg1)
WORKSHOP. Komunitas Surat Sobek ketika melaksanakan workshop.(mg1)

SETU-Berdiri sejak 2022, Komunitas Surat Sobek yang berlokasi di Jalan Ampera Poncol, Kecamatan Setu berkreasi dari limbah kertas. Upaya ini dilakukan untuk menyadarkan bahwa bumi harus tetap dijaga.

Pegiat Komunitas Surat Sobek, Beben  mengatakan, bahwa Surat Sobek berorientasi pada kesadaran daur ulang untuk melihat alam yang lebih jernih dan semestinya.

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi manusia lainnya. Karena itu sebagai sebuah gerakan lokal, Surat Sobek hanya berupaya kecil-kecilan menularkan hal positif dengan kegiatan daur ulang ini," ujarnya.

Ia menerangkan, Surat Sobek biasanya selalu mencoba menyelipkan pesan isu lingkungan yang lebih bijak melalui pelbagai kegiatan mandiri atau kerjasama dengan pihak lain.

"Selain workshop seputar daur ulang di tempat ini, kami juga ikut di pelbagai kegiatan, misalnya kemarin di acara green peace dengan tema Berhenti Basa-basi Buat Bumi, yang di mana di setiap stand Surat Sobek mengkhususkan kepada limbah bungkus rokok. Hal itu didasarkan bahwa perokok aktif di Indonesia banyak, jadi kami kira itu ada baiknya diberdayakan dengan semestinya," tambahnya.

Walaupun mungkin belum mencapai tingkat partisipasi yang sempurna, Komunitas Surat Sobek memberikan gambaran realistis tentang upaya komunitas lokal dalam menyuarakan isu lingkungan. Dengan sumber daya yang terbatas, mereka terus bekerja keras untuk menciptakan dampak positif, mengingatkan akan perubahan nyata sering dimulai dari langkah-langkah kecil di tingkat lokal.

"Kami berharap bisa konsisten bergerak di bidang membantu mengurangi pencemaran, khususnya limbah kertas, serta kegiatan di hari depan bisa lancar serta memiliki nilai jual untuk memberdayakan limbah kertas," tukasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo