TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Waspada Potensi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Provinsi Banten

Laporan: Irma Permata Sari
Jumat, 19 Januari 2024 | 21:34 WIB
Foto : Dok. BMKG Wilayah II
Foto : Dok. BMKG Wilayah II

CIPUTAT, Berdasarkan hasil monitoring BMKG, beberapa wilayah di Provinsi Banten dalam sepekan ke depan perlu diwaspadai akan adanya potensi hujan lebat yang disertai petir.

Hal ini disampaikan Hartanto, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II, Jumat (19/1).

“Selama tiga hari kedepan, wilayah waspada hujan sedang hingga lebat disertai petir antara lain; Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang bagian Barat dan Selatan, Kabupaten Tangerang bagian Tengah, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan,” terang Hartanto.

Lebih lanjut, Hartanto menjelaskan bahwa periode 23-26 Januari, wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat dan disertai petir mencakup Kabupaten Pandeglang bagian Barat dan Kabupaten Tangerang bagian Tengah.

“Perkembangan kondisi cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Banten yang saat ini menunjukkan adanya potensi cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan. Dalam 24 jam terakhir, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat terukur di Mandalawangi Kabupaten Pandeglang, Malingping Kabupaten Lebak, dan Kramatwatu Kabupaten Serang,” lanjut Hartanto.

Faktor menguatnya aktivitas Monsun Asia yang disertai potensi seruakan dingin dapat menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator. Selain itu, aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah memicu potensi peningkatan awan hujan.

“Hujan lebat dan cuaca ekstrim juga disebabkan oleh terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa bagian barat hingga bagian tengah. Hal ini disebabkan oleh adanya sistem tekanan rendah di sekitar Australia dan di Samudra Pasifik tenggara Papua,” pungkas Hartanto.

BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan kedepan. Khusus untuk daerah bertopografi curam atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang.

Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG, website https://bbmkg2.bmkg.go.id, dan media sosial @bmkgwilayah2.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo