TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gerakan Salam Empat Jari Mulai Bergaung, Dorong Koalisi 01 Dan 03

Laporan: AY
Senin, 29 Januari 2024 | 10:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Muncul gerakan Salam 4 Jari di media sosial X atau Twitter. Gerakan tersebut, dinarasikan sebagai upaya untuk mengalahkan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran yang menggaungkan menang satu putaran Pilpres 2024.
Gerakan Salam 4 Jari mulai merayap di jagat X pada Jumat (26/1/2024). Salah satu yang mempopulerkan gerakan ini, adalah Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) Gita Putri Damayana. Di akun X miliknya, @gitaputrid, Gita mengajak followers-nya melakukan aksi politik dengan simbol Salam 4 Jari.

Kata dia, Salam 4 Jari mendorong koalisi pasangan calon (paslon) Capres-Cawapres nomor urut 1 dan 3. Aksi ini juga untuk mencegah kecurangan dalam Pemilu. 

“Sebuah ajakan salam 4 jari sebagai ekspresi politik bukan Prabowo-Gibran dari @johnmuhammad_,” cuit akun X @gitaputrid. Cuitan itu pun hingga Minggu (28/1/2024) malam sudah diposting ulang sebanyak 11 ribu dan disukai lebih dari 23 ribu.

Juru Bicara Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Muhammad Ramli Rahim menilai, gerakan Salam 4 Jari, merupakan reaksi dari masyarakat. 
Menurutnya, Salam 4 Jari adalah arus balik dari masyarakat terhadap kondisi saat ini. “Ini seperti bermain catur,” ujar Ramli, Minggu (28/1/2024).

Wakil Direktur Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai, Salam 4 Jari adalah gerakan partisipan rival Prabowo-Gibran. “Menandakan Pilpres satu putaran sangat potensial terjadi,” ucap Dahnil, Minggu (28/1/2024).
Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Muhammad Ramli Rahim.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai gerakan Salam 4 Jari yang ramai dibicarakan di aplikasi X?
Salam itu, bisa saja merupakan gerakan perlawanan rakyat terhadap "sang raja" atau penguasa yang ngotot memenangkan kandidatnya.
Apakah Anda yakin, ini gerakan perlawanan?

Gerakan Salam 4 Jari, saya kira muncul sebagai respons atas kegelisahan dan langkah-langkah pendek penguasa.

Maksudnya bagaimana?
Ini ibarat permainan catur. Ketika raja mulai banyak gerak, maka tanda skak mat sudah dekat. Sebagaimana bidak, raja adalah simbol kuasa. Diamnya raja adalah unjuk wibawa. Gerakannya nyaris tetap.

Sebaiknya bagaimana?
Posisi raja, mantap di antara satu perdana menteri (queen), dua gajah (bishop), dua kuda (knight), dua benteng (rook) dan delapan prajurit (pion) di barisan depan.

Begini, saat raja mulai memilih banyak gerak, ke sana, ke mari, mem­buat menteri, gajah, pion, hingga ben­teng pertahanan sibuk bolak-balik, itu pertanda permainan diambang skak mat.
Artinya?
Artinya, tekanan besar dan terbuka yang dilakukan, akhirnya akan memunculkan gerakan balik.

Nah, gerakan Salam 4 Jari, ibarat­nya, adalah arus balik itu.
Wakil Direktur Jubir TKN Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai, gerakan ini adalah gerakan partisan rival Prabowo-Gibran. Tanggapan Anda?
Pasti dijawab begitu, karena ger­akan masyarakat yang berseberangan dengan mereka, dituduh partisan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo