TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi; KTA Nya Banteng, Hati Nya Di PSI

Laporan: AY
Selasa, 06 Februari 2024 | 11:42 WIB
Jokowi bersama elit PSI . Foto : Ist
Jokowi bersama elit PSI . Foto : Ist

BANDUNG - Meskipun hubungannya sudah tidak harmonis lagi, Presiden Jokowi diketahui masih kader PDIP. Kendati demikian, saat ini Presiden lagi dekat dengan PSI-partai yang dipimpin putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Saking dekatnya, Jokowi yang masih ber-KTA Banteng, tapi hatinya sudah di PSI.
Hubungan Jokowi dengan PSI memang bukan baru terjadi. Pada Pilpres 2019 lalu, PSI ikut menjadi partai pendukung. Kendati tidak lolos parlemen, Jokowi tetap merekrut sejumlah kader PSI untuk masuk pemerintahan.
Kedekatan Jokowi dengan PSI makin bertambah usai partai berlogo Mawar Merah itu dinakhodai Kaesang. Pada Sabtu (3/2/2024) malam, Jokowi dinner dengan Kaesang dan elite PSI di Restoran Braga Permai, Kota Bandung, Jawa Barat.
Setelah makan malam, Minggu (4/2/2024) pagi, Jokowi ajak Kaesang dan sejumlah kader PSI olahraga bersama. Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana jalan santai di Kota Bandung.
Dalam dua kali kebersamaan dengan Jokowi, Kaesang mengaku banyak diberikan semangat dan wejangan. Kaesang bahkan mengaku optimis, PSI di Pemilu 2024 ini bakal lolos ke parlemen.

“Yang pasti beliau (Jokowi) mendukung kami untuk bisa masuk ke Senayan pada Pemilu 2024,” kata Kaesang usai menghadiri Kampanye Akbar PSI di Bali, Senin (5/1/2024).
Bahkan di Bali yang selama ini dikenal sebagai kandang Bantng, Kaesang berani pasang target besar. Dia optimis, PSI bisa lolos minimal itu muncul setelah melihat antusias masyarakat dalam mendukung PSI dapat 1 kursi DPR. Keyakinan Kaesang itu muncul setelah melihat antusias masyarakat dalam mendukung PSI.

“Ya, saya kira antusias di Bali untuk PSI sangat bagus. Kami targetkan untuk bisa dapat satu kursi di DPR, provinsi minimal 5 kursi dari 9 daerah pemilihan,” sebut dia.
Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie lebih pede alias percaya diri lagi. Kata Grace, hubungan PSI dengan Jokowi sangat dekat. Bahkan, Jokowi diklaim Grace selalu memberikan perhatian lebih terhadap PSI.

Sejak awal PSI berdiri, kami secara regular bertemu dengan Pak Jokowi. Beliau selalu memantau perkembangan PSI dan memberikan arahan agar PSI selalu punya diferensiasi,” sebut Grace.

Menurut Grace, Jokowi kerap melakukan pertemuan dengan elite PSI. Dengan demikian, meski Jokowi masih ber-KTA partai lain, tapi hatinya di PSI.
“KTA Pak Jokowi, mungkin masih di partai lain, tapi hatinya di PSI. Itu pasti. PSI memang partainya Pak Jokowi,” terang dia.
Apa tanggapan PDIP soal klaim PSI itu?
Politisi PDIP Aryo Seno Bagaskoro heran dengan sejumlah klaim yang dilancarkan parpol pendukung Capres 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, bukan hanya PSI yang merasa dekat dengan Jokowi, tapi sejumlah parpol yang berada di barisan pendukung Paslon 02.

Ini menunjukkan bahwa partai koalisi pendukung Pak Prabowo berbeda pendapat dan adu klaim,” tandas Seno kepada Redaksi, Senin (5/1/2024).

Diketahui, sebelum PSI, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terlebih dulu mengklaim Jokowi adalah kadernya. “Beberapa waktu lalu kan kita dengar juga dari Pak Zulkifli Hasan bahwa Pak Jokowi bagian dari keluarga PAN. Lalu ada juga yang menafsirkan tentang dasi kuning Presiden beberapa waktu lalu saat mengadakan lawatan,” jelas dia.
“Jadi sebenarnya di mana kaki politik Pak Jokowi? Beliau yang paling tahu. Namun, sebaiknya Presiden sampaikan saja dukungan politiknya secara terbuka. Daripada bertengkar sendiri, dan publik menangkap adanya ketidakkompakan di antara parpol pendukung Pak Prabowo,” cecar Ketua Taruna Merah Putih (TMP) itu.
Di dunia maya, beragam tanggapan disampaikan warganet melihat kedekatan PSI dengan Jokowi. “Masa transisi yang baik di 2024 ini, ikut Pak Jokowi dukung PSI,” tulis @Astridjane90. “Memang nggak boleh yah Jokowi yang PDIP dukung anaknya yang di PSI. Politik kan memang gitu,” timpal @EmanSulistiono.
Sementara, akun @Kevin_Imut123 nyinyir terhadap langkah Jokowi yang masih ber-KTA PDIP tapi mendukung PSI. “Kode buat @KPU_ID agar meloloskan @psi_id ke Senayan. Berani kah KPU menentang titah tersebut?” tanya dia. “Gue dukung Jokowi dari jaman gubernur DKI tapi nggak akan pilih PSI. Sorry yee,” pungkas @andremirza. “Partai lain yang besarin, PSI Yang ngeklaim wkwk,” sindir @tribowotanoe.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo