TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ungkap Adanya Kekurangan Kertas Suara Jelang Hari Pencoblosan, Bawaslu Tangsel : Pengawasan KPU Lemah

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 07 Februari 2024 | 20:16 WIB
Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep saat dijumpai di wilayah Serpong, Tangsel, Rabu (7/2/2024). (tangselpos.id/rmn)
Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep saat dijumpai di wilayah Serpong, Tangsel, Rabu (7/2/2024). (tangselpos.id/rmn)

SERPONG - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengungkap temuan bahwa adanya kekurangan kertas suara. Padahal hari pencoblosan, kini hanya tersisa 7 hari lagi. 

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep saat dijumpai di wilayah Serpong, Tangsel, Rabu (7/2/2024). 

"Pendistribusian surat suara ini kan secara teknis ada di KPU. Secara pengawasan kita melakukan pengawasan terutama terhadap logistik yang sangat vital dalam Pemilu itu, yaitu surat suara," ujar Acep. 

Berdasarkan pengawas yang dilakukan, Ia mengungkap, kekurangan terjadi pada surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

"Surat suara untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden itu masih kurang 285 lembar. Kemudian untuk DPD itu kurang 291 lembar," ungkap Acep. 

Acep menduga, kekurangan itu terjadi akibat adanya selisih jumlah pada saat pendistribusian oleh pihak percetakan. 

"Hasil pengawasan kita itu dari pabriknya, dari percetakannya. Misalnya itu dari percetakan itu ada 200, ternyata hanya ada 195 lembar. Setiap kardus itu ada kekurangan," imbuhnya. 

Atas hal tersebut, Acep pun mempertanyakan pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel dalam proses pendistribusian logistik Pemilu tersebut.

"Berarti kan pengawasan yang dilakukan KPU lemah di proses pencetakannya lemah. Kenapa sampai ada kekurangan. Kalau misalnya, pengawasannya melekat dan ketat saya yakin ga akan ada kekurangan itu," tegasnya. 

Atas temuan itu, Bawaslu Tangsel telah berkoordinasi kepada KPU untuk segera melakukan perbaikan. Pasalnya, hari pencoblosan kini hanya tinggal menghitung hari. 

"Ini kan waktu tinggal 7 hari lagi. Ini apakah KPU bisa mengantisipasi kekurangan surat suara ini. Sudah kita berikan saran perbaikan kepada KPU untuk dipenuhi.  Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, karena ini kan tanggal 13 surat suara sudah harus ke TPS. Ini apakah mampu KPU, ya kita lihat," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo