TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Indonesia Kembai Gelar F1Powerboat Di Danau Toba

Laporan: Gema
Jumat, 09 Februari 2024 | 10:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SUMUT - Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney akan kembali menggelar Internasional F1Powerboat. Ajang balap perahu motor tersebut tahun ini diyakini bakal lebih sukses dibandingkan tahun lalu.
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo meyakini, event olahraga internasional yang akan diselenggarakan pada 2-3 Maret 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara ini dapat mendulang coverage yang sangat tinggi. Apalagi Danau Toba menjadi salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), sehingga ke depannya trafik wisatawan akan terus meningkat.
“Dukungan luar biasa tidak lepas dari sinergi BUMN yang juga full effort dalam mendukung untuk meningkatkan trafik wisatawan,” ujar Tiko di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menyampaikan, tahun lalu pihaknya sukses menyelenggarakan F1Powerboat.
Melalui beragam program dan event pada F1Powerboat kali ini, InJourney akan kembali menghadirkan water sport tourism yang menyedot banyak wisatawan.
“Kami berharap, acara ini terselenggara dengan lebih sukses, sehingga memberikan multiplier effect yang lebih besar lagi,” katanya.

Ia menegaskan, dalam membangun pariwisata, salah satunya dalam mengadakan suatu event harus dipastikan memberikan dampak ekonomi luar biasa kepada masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.
Selain itu, dengan terselenggaranya ajang event berskala global ini, Indonesia mendapatkan media exposure yang tinggi di kancah internasional.
“Yang utama, bagaimana kita dapat mempromosikan destinasi pariwisata ke mata dunia. Sehingga hal tersebut dapat mendatangkan trafik wisatawan dan masyarakat sekitar yang akan merasakan dampaknya ekonominya,” ucapnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menambahkan, F1Powerboat 2024 diharapkan akan memberikan multiplier effect yang lebih besar dibandingkan tahun lalu.
“Semoga bisa lebih besar, karena tahun lalu acara ini memberikan dampak ekonomi hingga Rp 1,68 triliun,” katanya.
Terlebih lagi saat gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023, Indonesia juga sukses menjadi tuan rumah kejuaraan jetski internasional.

Keberhasilan ini diakui Founder H2O Racing Management, Nicolo Di San Germano, yang menyebut bahwa Danau Toba merupakan venue terbaik di dunia sebagai lokasi balapan jetski, lantaran keindahan, kemegahan dan kecantikan pesona Danau Toba.

Karenanya, untuk gelaran F1Powerboat tahun ini akan dimeriahkan juga dengan ajang Aquabike Indonesian Championship seri pertama.
Dalam ajang tersebut, kata Maya, akan digelar dua kategori, yakni endurance dan paralel slalom.

“Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di Danau Toba,” imbuhnya.
Dalam rangka memeriahkan F1Powerboat, pihaknya akan menghadirkan side event. Seperti kompetisi Solu Bolon antar Kabupaten Sumatera Utara dan juga kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series Pertama yang akan diikuti oleh kurang lebih 30 atlet jetski Indonesia.

Selain itu, side event juga akan menghadirkan festival budaya dan UMKM pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo