TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar-Mahfud Naik Pedati Sapi Di Kirab Budaya, Disambut Meriah Pendukungnya

Oleh: Farhan
Sabtu, 10 Februari 2024 | 11:28 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SOLO - Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengakhiri masa kampanye Pilpres 2024 dengan menggelar Hajatan Rakyat Solo, di Benteng Vastenburg Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). Ganjar dan Mahfud mengawali acara dengan naik pedati sapi dari Jalan Ngarsopuro ke Benteng Vastenburg. Sepanjang perjalanan menuju Vastenburg, Ganjar dan Mahfud disambut meriah warga Solo. 
Ganjar naik pedati sapi ditemani istri tercinta, Siti Atikoh, dan anaknya, Alam Ganjar. Dalam acara ini, Ganjar mengenakan pakaian model beskap hitam dari tenun bertulis Sat Set. Di belakangnya, Mahfud naik pedati sapi ditemani istri, Zaizatun Nihayati dan putirnya Vina.
Di belakangnya pedati diisi Puan Maharani, dan jajaran TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, Andika Perkasa, dan Yenny Wahid. Di belakangnya, warga ikut dalam arak-arakan. 

Di sepanjang perjalanan menuju Vastenburg, Ganjar mendapat sambutan meriah dari warga Solo. Ganjar membalas dengan melambaikan tangan dan mengacungkan salam metal. Tak hanya Ganjar, Siti Atikoh juga menyapa warga Solo dengan ramah. 

Pasukan kirab terdiri dari 21 pedati sapi, ada pula para pelaku kesenian dan budaya seperti Reog, Wayang Orang, dan Barongsai, dan Banteng Krumpyung. 
Sebelum masuk Benteng Vastenburg, rombongan Kirab Budaya mengggelar Ruwatan di depan Balaikota Solo. Acara ruwatan ini dimaksudkan sebagai simbol cinta rakyat Solo Raya kepada pemimpinnya. Upacara ini juga untuk mencegah keburukan, serta gangguan di pusat kekuasaan kembali mendapatkan keselamatan, kewarasan, dan ketenteraman.

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengatakan, acara kirab budaya dimeriahkan berbagai unsur dan lapisan rakyat untuk mengantar Presiden Rakyat Ganjar Pranowo dan Pembela Rakyat Mahfud MD ke Kota Semarang agar dapat menegakkan kesakralan demokrasi ke seluruh negeri. "Kirab ini menunjukkan Ganjar-Mahfud menyatu dengan rakyat," kata Arsjad. 
Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD terlihat diarak menggunakan gerobak sapi. Gerobak atau pedati yang didapati di berbagai daerah di Indonesia mewakili transportasi kerakyatan yang akan mengantarkan pemimpin Indonesia 2024-2029. 
Selain Ganjar dan Mahfud MD beserta keluarga, beberapa selebritas ikut meramaikan arak-arakan gerobak sapi ini, seperti pemengaruh (influencer) Casytha Kathmandu, Thoriq Halilintar, Lalita Hutami, Ibnu Wardani, Rendy P, Fahmi NM, dan Haris Vriza. Selain itu, ada pula budayawan Butet Kertaradjasa, serta seniman Kris Dayanti, Rano Karno, Yuni Shara, Ruth Sahanaya, Marcel Siahaan, Andre Hehanusa, Deni Malik, Ilal Wardani, Chica Koeswoyo, Sandy Andarusman, Jeffrey Waworuntu, Sari Koeswoyo, dan Roni Waluya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo