TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

UIN Jakarta Gelar Expose Kampus 2024

Oleh: mg.1
Selasa, 13 Februari 2024 | 07:00 WIB
Siswa dan guru antusias mengikuti UIN Jakarta Expose 2024.(dra)
Siswa dan guru antusias mengikuti UIN Jakarta Expose 2024.(dra)

CIPUTAT  TIMUR -Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta gelar Expose Kampus 2024 di Auditorium Harun Nasution, Rabu (7/2). Acara ini dihadiri ratusan siswa dan guru dari berbagai sekolah di Jabodetabek.

Kepala Pusat Informasi dan Humas UIN Jakarta, Zaenal Mutaqin menjelaskan,  kegiatan UIN Expose Kampus 2024 merupakan salah satu upaya pengenalan tentang jalur masuk kuliah di UIN Jakarta.

“Acara ini digelar untuk menjelaskan tentang jalur jalur masuk UIN Jakarta. Itu di hari pertama, hari kemarin, tanggal 6 ya, hari Selasa. Kemarin kita sudah mengundang dari panitia SNBP, Pak Bekti Cahya, lalu kemudian dari panitia pusat PMB PTKIN, Pak Haris Setiaji,” paparnya.

Dia menambahkan, UIN Jakarta pada tahun ini menawarkan lima jalur seleksi masuk bagi para calon mahasiswa. Pertama, jalur yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, SNBP, dan SNBT.

Adapun jalur masuk berikutnya yakni ada SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri. “SPMB Mandiri itu seleksi yang digelar oleh UIN Jakarta secara mandiri. Kemarin kita mengundang kepala Biro Pak Priono,” ucap Zaenal.

Terkait hari ini, kegiatan yang berlangsung adalah pemaparan tentang fakultas dan program jurusan yang disampaikan oleh dekan atau yang mewakilinya.

“KIta gelar rangkaian di hari kedua, yaitu paparan dari masing-masing fakultas. Dan fakultas ini, narasumbernya ada dekan, ada wakil Dekan, dan yang mau wakili mereka dipersilakan menjelaskan tentang profil fakultas, lalu kemudian juga program studi keunggulan dan lain-lain,” ujarnya.

Untuk diketahui saat ini UIN Jakarta memiliki 12 fakultas, baik dari ilmu keagamaan maupun ilmu umum. Selain memperkenalkan jalur masuk dan profil dari setiap fakultas, Zaenal menyebut Expose Kampus juga membuka ruang dialog kepada para guru dan siswa mengenai jalur masuk seleksi calon mahasiswa.

“Paling tidak, ada semacam komunikasi antara universitas dan sekolah, karena paling tidak, sekolah juga bisa memberikan masukan kepada universitas terkait, inovasi PMB, UIN Jakarta di tahun ini, maupun tahun-tahun mendatang,” paparnya.

Zaenal berharap UIN Jakarta Expose 2024 menjadi ruang pengenalan dan penyebaran informasi terkait jalur seleksi masuk kampus serta profil setiap fakultas.

“Harapannya tentu tentu saja dengan adanya expose ini, sekolah baik para guru, maupun para siswa, bisa memahami jalur apa saja yang ditawarkan di UIN Jakarta, lalu kemudian juga dikenal profil dari masing-masing fakultas dan program studi,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo