TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jangan Jadi Orang Merugi, Lakukan 9 Amalan ini di Malam Nisfu Syakban

Oleh: Mg.Nabil
Sabtu, 24 Februari 2024 | 16:10 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Malam istimewa yang dinanti-nanti umat Islam, Nisfu Syakban, akan segera tiba. Tepatnya pada tanggal 15 Sya'ban 1445 Hijriyah, bertepatan dengan Minggu, 25 Februari 2024. Dengan demikian, malam Nisfu Syakban (15 Syaban) jatuh pada Sabtu malam Ahad Pahing.

Di antara malam-malam istimewa dalam Islam, Nisfu Sya'ban menempati posisi istimewa. Dikenal sebagai salah satu dari lima malam yang mustajab doanya, Nisfu Sya'ban menghadirkan kesempatan emas bagi umat Muslim untuk memanjatkan doa dan harapan.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha."

Malam Nisfu Syakban merupakan malam penuh kemuliaan dan rahmat Allah SWT. Pada malam ini, banyak amalan yang dianjurkan oleh para ulama untuk dikerjakan. Berikut beberapa di antaranya:

Memperbanyak Salat Sunah

Pada malam penuh berkah Nisfu Syakban, dianjurkan untuk memperbanyak shalat sunah. Amalan ini menjadi kunci utama untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Hal ini diperkuat oleh hadis yang diriwayatkan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar, di mana Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa salat adalah sebaik-baik syariat. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyaknya, terutama pada malam Nisfu Syakban.

Melakukan Salat Sunah Tasbih

Sholat Sunnah Tasbih, terdiri dari empat rakaat dengan bacaan tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya, diyakini sebagai amalan yang dapat meraih ampunan dari Allah SWT.  Ibadah ini menekankan aspek spiritual dan kedekatan kepada Tuhan melalui dzikir dan pemuliaan asma Allah.

Melakukan Salat Sunah Awwabin

Shalat Sunnah Awwabin terdiri dari enam rakaat, yang dilaksanakan setelah shalat Maghrib dan sebelum Isya'. Shalat ini diyakini membawa keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Membaca Surah Yasin

Bacalah Surah Yasin pada malam Nisfu Syakban, sebanyak tiga kali dengan tujuan yang berbeda pada setiap kali membaca, diharapkan mendatangkan berkah panjang umur, perlindungan, dan keberkahan dari Allah SWT.

Membaca Tasbih Nabi Yunus

Dzikir 'لا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ', yang diajarkan oleh Nabi Yunus AS, dianjurkan untuk diamalkan pada malam Nisfu Syakban sebagai sarana mendapatkan perlindungan dari bencana dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Membaca Ayatul Hirsh

Pada malam penuh berkah Nisfu Syakban, dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Ayatul Hirsh (Surah at-Taubah ayat 128-129) sebanyak 500 kali. Amalan ini memiliki keutamaan antara lain terhindar dari pertanyaan malaikat maut, mendatangkan pahala, dan keberkahan.

Memperbanyak Doa

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak doa di malam Nisfu Syaban. Berikut doa yang bisa dibaca:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا ياَ كَرِيْمُ
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah kami wahai dzat yang maha mulia. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu pengampunan, kesehatan dan pemeliharaan yang berkesinambungan dalam hal agama, dunia dan akhirat."

Memperbanyak Sholawat Nabi

Selain menjalankan amalan yang disebutkan di atas, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Berdoa dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, kesehatan, perlindungan, dan keberkahan hidup merupakan bentuk ketaatan dan kerendahan hati di hadapan Allah SWT.

Berpuasa Pada Siang Hari

Di samping melakukan berbagai amalan di malam Nisfu Syakban, umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa pada siang harinya. Puasa ini diharapkan dapat membawa keberkahan dan ampunan dosa dari Allah SWT.

Sumber: Kitab Kanzun Najah Wassuruur, Kitab Al-Ghunyah, Kitab Attibaul Qulub, dll

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo