TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Upaya Pemkot Tangsel Mengatasi Persoalan Sampah

Laporan: Gema
Rabu, 06 Maret 2024 | 17:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SETU - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), menggelar peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024 dalam rangka meningkatkan tingkat kepedulian masyarakat terhadap persoalan sampah di Amphiteater Jaletreng River Park, Rabu (6/3/2024).

Sekretaris Daerah Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo, pada kesempatan tersebut mengucapkan bahwa persoalan terkait sampah di Kota Tangsel ini, merupakan tanggung jawab dan masalah yang harus kita atasi bersama-sama.

“Penanganan sampah merupakan persoalan yang serius, yang harus mendapatkan perhatian dari kita semua,” ucap Bambang.

Diperlukan adanya kerja sama dari seluruh pihak terkait di Kota Tangsel dalam menyelesaikan masalah soal sampah ini, lantaran timbulan sampah di Kota Tangsel saat ini mencapai sekitar 1.000 ton per harinya.

“Timbulan sampah di Tangerang Selatan lebih kurang 1.000 ton per hari, jadi timbulan sampahnya itu bahkan mungkin lebih ya, namun timbulan sampah yang besar ini tidak diikuti dengan perluasan atau peningkatan kapasitas tempat pemrosesan akhir,” jelasnya.

Meski begitu, pihak Pemkot Tangsel juga terus berupaya untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan menghadirkan teknologi incinerator di Intermediate Treatment Facility (ITF) Pondok Aren.

“Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya mengelola sampah dengan baik, melakukan beberapa, di antaranya dengan penerapan incinerator. Kita sudah punya incinerator di Pondok Aren,” kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman, berharap melalui kegiatan peringatan ini yang dilakukan oleh pemerintah maupun komunitas, masyarakat dapat lebih peduli terkait pengelolaan sampah.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dan termasuk yang dilakukan oleh temen-temen sodara-sodara kita di lingkungan maupun komunitas, sebagai upaya kita yang tidak jenuh dan tidak bosen-bosennya mengkampanyekan, mengimbau, mengajak seluruh lapisan warga masyarakat di Kota Tangerang Selatan agar tetap peduli,” jelas Wahyunoto.

Berbagai upaya pun telah dilakukan untuk mengatasi persoalan terkait sampah di Kota Tangerang Selatan ini.

Dijelaskan olehnya, Pemkot Tangsel juga sudah mengeluarkan peraturan terkait penggunaan wadah berbahan plastik untuk mengoptimalkan sistem reduce, reuse, dan recycle.

“Kita di Kota Tangerang Selatan juga sudah menerbitkan kebijakan yaitu dalam bentuk Peraturan Wali Kota Nomor 83 Tahun 2022, tentang Pengurangan Penggunaan Wadah atau Kantong yang Berbahan Plastik,” ucapnya. (ADV)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo