TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

IPSI Tangsel Bersiap Lomba Pencak Silat Antar Sekolah & Perguruan

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 20 Maret 2024 | 07:15 WIB
Dokumen Pertarungan pencak silat Bocil Championship 2023 yang diselenggarakan ISPI Tangsel.(dra)
Dokumen Pertarungan pencak silat Bocil Championship 2023 yang diselenggarakan ISPI Tangsel.(dra)

SERPONG-Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan menggelar perlombaan silat antar sekolah dan perguruan. Perlombaan tersebut rencananya akan diselenggarakan di Plaza Puspemkot Tangsel dari 24 hingga 26 Maret 2024.

Terdapat dua kategori dalam perlombaan itu diantaranya prestasi dan festival. Untuk kategori prestasi terdapat 4 klasifikasi yaitu usia dini (SD), pra remaja (SMP), remaja (SMA), dan dewasa.

Sedangkan kategori festival terdapat 5 klasifikasi yaitu usia dini untuk umur 6-12 tahun, pra remaja untuk umur 12-15 tahun, remaja untuk umur 15-22 tahun, dewasa untuk umur 22-40 tahun dan sesepuh untuk umur di atas 50 tahun.

Ketua IPSI Tangsel, Delima Bungsu Andy mengatakan, penyelenggaraan acara itu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga dan mengenalkan budaya kepada generasi muda di Tangsel.

“Tujuannya itu karena salah satu kegiatannya yaitu festivalnya sangat jarang di Tangsel, jadi kita adakan di sini,” ujarnya.

Delima mengungkapkan, terlebih saat ini pencak silat termasuk salah satu muatan lokal dalam pembelajaran sekolah di Kota Tangsel.

“Mensosialisasikan bahwa pencak silat itu sudah dipandang perlu di masyarakat terkait dengan adanya Perwal muatan lokal yang ditandatangani langsung oleh Wali Kota,” ungkapnya.

Ia pun berharap para pelajar maupun pelaku budaya pencak silat dapat terlibat dalam acara tersebut.

“Mengingat kategori festival itu karena baru di mulai, kami menargetkan 200 hingga 300 peserta. Kalau untuk kategori tanding kuotanya kita targetkan 500 peserta. Itu untuk seluruh klasifikasi di masing-masing kategori,” pungkasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti acara tersebut terdapat biaya pendaftaran yang harus disiapkan.

Untuk kategori prestasi baik untuk tanding maupun jurus dikenakan biaya sebesar Rp 250 ribu. Sedangkan, untuk festival klasifikasi perorangan dikenakan biaya Rp 150 ribu, berpasangan Rp 250 ribu, dan berkelompok Rp 400 ribu.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo