TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

BI Banten Siapkan Rp 4,57 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri

Laporan: Yuliawati Saripudin
Selasa, 19 Maret 2024 | 23:25 WIB
Pj Gubernur Banten Al Muktabar didampingi Kepala Kantor Perwakilan BI Banten Ameriza M. Moesa, menukarkan uang layak edar, di Kantor Perwakilan BI Banten, Palima, Kota Serang, Selasa (19/3/2024). (tangselpos.id/yul)
Pj Gubernur Banten Al Muktabar didampingi Kepala Kantor Perwakilan BI Banten Ameriza M. Moesa, menukarkan uang layak edar, di Kantor Perwakilan BI Banten, Palima, Kota Serang, Selasa (19/3/2024). (tangselpos.id/yul)

SERANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Banten telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp 4,57 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang baru, BI memberikan kesempatan dengan kuota sebanyak 6.000 orang.

Kepala KPw BI Banten Ameriza M. Moesa mengatakan, jumlah tersebut meningkat 21 persen dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan jumlah Uang Layak Edar (ULE) yang disiapkan tersebut mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri 1445H.

"Kami membuka kas keliling untuk mendistribusikan ULE kepada masyarakat dimulai 19 Maret sampai 5 April 2024. Layanan kas keliling BI Bersama Perbankan dilakukan sebanyak 12 titik, dengan kuota sebanyak 6.000 orang, dan layanan penukaran uang di loket bank dilakukan di 199 titik," kata Ameriza, dalam kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 yang dilaksanakan di KPw BI Banten, Kota Serang, Selasa (19/3).

Dijelaskan, Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya. Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran dari 3,8 juta menjadi maksimal Rp 4 juta, modernisasi armada kas keliling, dan penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

"Untuk menghindari kerumunan dan mempermudah akses masyarakat dalam memperoleh informasi seputar kegiatan kas keliling, maka di era digitalisasi ini Bank Indonesia telah mengembangkan aplikasi yang dapat diakses pada laman pintar.go.id. Sehingga masyarakat yang ingin melakukan penukaran, dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pada aplikasi tersebut masyarakat dapat memilih lokasi kas keliling yang tersedia, menginput data pribadi serta mengisi informasi jenis dan jumlah nominal penukaran," jelasnya.

Ameriza juga menyampaikan bahwa dalam rangka memperluas manfaat Program SERAMBI, maka program SERAMBI akan dikemas dan dikolaborasikan dengan local wisdom Banten melalui Gerakan Ramadan Penuh Berkah (GERABAH). Selain kegiatan Penukaran Uang dan CBP Rupiah, GERABAH dikolaborasikan dengan Kegiatan bazar UMKM, Pasar Murah, serta kegiatan dan lomba Religi yang berlokasi di Alun-Alun Kota Serang pada tanggal 5 April 2024.

Sementara itu, Gubernur Banten mengapresiasi inisiatif dan berterima kasih kepada Bank Indonesia dan perbankan dalam memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat Provinsi Banten pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445H, dimana masyarakat sangat membutuhkan uang dalam kondisi layak edar untuk dibagikan saat lebaran.

Ia mengimbau kepada seluruh warga Banten agar menukarkan uang di tempat resmi yang ditunjuk oleh Bank Indonesia agar masyarakat bisa menukarkan uang yang dimilikinya dengan aman dan nyaman dan terhindar dari peredaran uang palsu.

"Kami mengharapkan masyarakat dapat menggunakan dan merawat uang dengan baik serta belanja dengan bijak, tidak berlebihan, dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan belanja bijak maka masyarakat turut berkontribusi menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil," ujarnya.

Sebagai informasi, 12 titik layanan penukaran uang tersebut yakni di Alun-alun Kota Serang pada 19 Maret, Alun-alun Kota Cilegon pada 20 Maret, Tangerang City 26 Maret, Alun-alun Rangkasbitung 1 April, di Alun-alun Kota Cilegon lagi pada 2 April, Alun-alun Pandeglang 2 April, halaman Masjid KP3B 3 April, dan pada 5 April secara serentak di Alun-alun Kota Serang, Pelabuhan Merak, Rest Area KM 43, Cibaliung serta Panimbang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo