TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Surya Paloh Terima Hasil Pemilu, Ucapkan Selamat Ke Prabowo-Gibran

Laporan: AY
Kamis, 21 Maret 2024 | 09:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Tak sampai satu jam setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pasangan Capres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh langsung bikin konferensi pers di markas NasDem. Paloh menyatakan menerima hasil pemilu dan langsung mengucapkan selamat ke Prabowo-Gibran.
“Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan wakil presiden,” ujarnya.
Paloh juga mengucapkan selamat kepada seluruh parpol peserta pemilu legislatif dan juga tiga paslon capres-cawapres. Dia pun mengucapkan selamat kepada Prabowo-Gibran yang dinyatakan memenangkan Pilpres 2024.
Untuk diketahui, KPU telah mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 pada Rabu malam (20/3/2024) malam.

Ketua KPU, Hasyim Asyari mengumumkan, Prabowo-Gibran menang dengan memperoleh 96.214.691 suara sah. Prabowo-Gibran unggul di 36 dari 38 provinsi seluruh Indonesia. Pasangan ini juga menang di luar negeri.

Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara. Pasangan ini hanya menang di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Barat.

Kemudian pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27.040.878 suara sah. Pasangan ini tak menang di satu provinsi pun.
Lalu apa tanggapan Anies soal hasil KPU? Anies mengatakan, proses Pilpres 2024 tak kalah penting dari hasilnya. Ia menyebutkan, proses Pilpres 2024 harus dipastikan berjalan terbuka, adil, jujur dan bebas dari tekanan.

“Untuk apa? Untuk menjamin semua suara yang menenuhi syarat akan didengar dan akan dihormati,” ujar Anies
Menurut dia, proses pemilihan ini penting untuk dijaga agar memastikan legitimasi, kepercayaan, dan inklusivitas dalam hasilnya.

“Tanpa proses yang kredibel, legitimasi calon yang terpilih atau legitimasi keputusan bisa menyebabkan keraguan,” tutur dia.
Bagi Anies, integritas Pemilu 2024 merupakan langkah paling dasar untuk menjaga demokrasi: “Dan untuk terpenuhinya aspirasi masyarakat untuk keseluruhan,” imbuh dia.

Sementara, Muhaimin Iskandar mengatakan, demi memperjuangkan suara mereka yang percaya pada perubahan dan tetap teguh hingga akhir, pihaknya memutuskan meminta Tim Hukum Timnas AMIN untuk maju ke Mahkamah Konstitusi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo