TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Usai Pensiun, Kini Ganjar Jadi Warga Yogya

Oleh: Farhan
Minggu, 31 Maret 2024 | 09:50 WIB
Rumah Ganjar Pranowo di Sleman, Yogyakarta. Foto : Ist
Rumah Ganjar Pranowo di Sleman, Yogyakarta. Foto : Ist

YOGYAKARTA - Usai pensiun sebagai Gubernur Jawa Tengah dan kalah dari Pilpres, Ganjar Pranowo memilih menjadi warga Yogyakarta.
Informasi bahwa Ganjar bukan lagi warga Jateng terkuak beredarnya video sebuah rumah yang dinarasikan sebagai tempat tinggal terbaru dari Capres 03 itu. Rumah baru Ganjar ini terletak di Padukuhan Tegalsari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.
Rumah tersebut tergolong cukup besar di antara rumah-rumah di sekitarnya, meskipun letaknya tidak persis di samping jalan utama. Di samping rumah Ganjar juga tampak masih ada lahan berupa sawah.
Uniknya, bangunan utama rumah Ganjar berada di belakang. Sementara di bagian depan terdapat bangunan yang menyerupai limasan. Keseluruhan dari rumah Ganjar itu bernuansa gelap.

Ketua RT 01 Tegalsari, Saryono membenarkan, Ganjar memiliki rumah di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Rumah itu juga telah ditempati Ganjar. “(Dulu) kalau datang paling cuma sebentar nengok rumahnya sudah sampai mana pekerjaannya,” kata Saryono, Sabtu (30/3/2024).

Saryono menambahkan, dulunya di rumah Ganjar hanya tanah sawah. Kemudian tiga tahun lalu dibeli oleh mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu. “Ya beli tanah sepetak kurang lebih baru 3 tahun. Dulunya sawah,” sambung Saryono.
Lebih lanjut, sepengetahuan dia rumah itu dibangun kurang lebih dua tahun. “Kemarin-kemarin masih ada pekerjaan interiornya,” sebut dia.

Sedangkan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, Susmiarto menyebut Ganjar telah menempati rumah barunya dan juga sudah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Sleman. “Benar sudah (ber-KTP Sleman),” sambung Susmiarto.

Ganjar, kata Susmiarto, pindah ke Sleman setelah tidak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. “Sesudah dari gubernur. Purna itu mengajukannya,” beber dia.
Sementara, salah seorang tetangga Ganjar, Yani mengatakan, politisi PDIP sudah mulai tinggal di rumah barunya di Sleman sebelum puasa.

Menurut Yani, beberapa kali Ganjar juga salat tarawih berjemaah di masjid kampung. Dia juga sering lari pagi, kadang sepedaan. “Orangnya biasa aja. Ramah,” katanya.
Ketua Umum Ganjarist Kris Tjantra membenarkan Ganjar sudah pindah dari Jateng ke Yogya. “Iya di Yogya, Sleman,” sebut Kris sembari menyertakan video yang menarasikan ‘Melihat Rumah Baru Ganjar Pranowo di Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Kepindahan Ganjar dari Jateng ke Yogya ikut dikomentari netizen. “Rumah baru Pak Ganjar di Yogya. Ya Allah selera kita sama Pak Ganjar. Aku juga pengen punya rumah di Yogya. Kalau Semarang panas, terus medannya naik turun,” jelas @ErianiFati777. “Rumah baru Ganjar berapa miliar,” tanya @ryusantos113389, sinis.
“Juara 3 no problem. Yang penting dapat rumah. Selama bertarung di Pilpres, Ganjar bangun rumah baru di Sleman. Para tetangga jadi pendukungnya,” kompor @pasadenaone. “Memangnya orang nggak boleh punya rumah? Pak Ganjar dari dulu sibuk mengabdi dan baru dua tahun ini bangun rumah. Terus salahnya di mana? bela @ant0_id.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo